ipal rumah sakit biotek

IPAL Rumah Sakit Biotek Yuk Ketahui Sistem dan Cara Pengolahannya

Penjelasan Aawal Ipal Rumah Sakit Biotek. Limbah cairan rumah sakit merupakan salah satu limbah potensial yang membahayakan lingkungan. Hal ini karena rumah sakit merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam penyakit sehingga limbah cairan yang dihasilkan dari rumah sakit tidak boleh langsung dibuang. Oleh karena itu, pengolahan limbah cair dari rumah sakit harus benar-benar diperhatikan dan dikerjakan dengan benar. Hal ini untuk memastikan bahwa pengelolaan lingkungan telah dilakukan dengan benar. Karena limbah rumah sakit sangat besrsifat sensitif dan berbahaya jika tidak dilakukan pengolahan dengan benar. Sistem pengolahan air limbah rumah sakit biasa disebut dengan ipal rumah sakit.

 

ipal rumah sakit biotek

 

Berbagai macam cara pengelolaan limbah, salah satunya adalah dengan cara sistem ipal rumah sakit biotek. Sistem ini merupakan sistem pengelolaan limbah cair dengan bantuan mikroorganisme pengurai limbah organik. Penggunaan sistem ini diharapkan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan bantuan bahan kimia. Design kontruksi dari ipal rumah sakit biotek ini menggunakan Tangki fiberglas. Berbentuk Cylinder dalam posisi tidur. dan di dalamnya diisi media media pengolahan air limbah. Adapun media tersebut berfungsi untuk tumbuh dan berkembang biaknya bakteri penurai zat organik dalam air limbah rumah sakit. Unit pengolahan seperti ini biasanya dalam project kontruksi disebut juga dengan ipal biotek. Untuk lebih jelasnya yuk simak pengolahan IPAL rumah sakit biotek.

IPAL Rumah Sakit Biotek

  1. Pengelolaan dengan agen biologi atau mikroba aerobik

Pengelolaan air limbah dengan menggunakan sistem biotek atau biasa sisebut dengan ipal rumah sakit biotek pada prinsipnya adalah memanfaatkan agen biologi berupa mikroba untuk menguraikan senyawa-senyawa organik dan membunuh mikroorganisme patogen yang mungkin terikut pada air limbah. Mikroba ini dapat bekerja secara efektif pada berbagai kondisi kandungan oksigen yaitu aerob, anaerob atau kombinasi aerob dan anaerob.

Pada sistem pengolahan ipal rumah sakit biotek ini. Mikroba yang dapat bekerja secara aerob maksudnya adalah mikroba yang dapat hidup dan tumbuh dengan adanya oksigen terlarut di air. Mikroba anaerob yaitu mikroba yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dengan tanpa adanya oksigen terlarut di dalam air. Sedangkan untuk kombinasi aerob dan anaerob adalah mikroba yang dapat tumbuh baik ada oksigen maupun tanpa oksigen terlarut di air.

  1. Proses pengolahan limbah dengan biakan tersuspensi

Proses pengolahan air limbah ipal rumah sakit biotek ini memiliki tiga macam proses pengolahan. yaitu proses biologis dengan menggunakan biakan tersuspensi, biakan melekat dan sistem kolam. Proses biologi yang menggunakan biakan tersuspensi menggunakan reaktor dan kolam air limbah yang terpisah. Mikroba tersuspensi dalam suatu reaktor yang kemudian akan menguraikan zat-zat organik terlarut di dalam air limbah. Proses pengolahan dengan bakteri ini disebut juga dengan proses biologi. Saat ini proses biologi masih menjadi primadona untuk Ipal rumah sakit. Karena operasionalnya tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali serta hemat listrik. Dengan demikian biaya operasionalnya menjadi murah.

Kelebihan dari penggunaan metode mikroba tersuspensi dalam ipal rumah sakit biotek ini adalah efektifitasnya yang tinggi. Performa tingkat penurunan parameter nilai BOD hingga 95%. dan lumpur yang dihasilkan lebih sedikit bahkan tidak menghasilkan lumpur sama sekali. Karena justru lumpur aktif tersebut dipergunakan untuk pengembangbiakan bakteri. Agar bakteri menjadi aktif dan dapat bekerja dengan baik menguraikan kandungan organik dalam air limbah. Artinya, zat-zat organik yang terlarut di dalam air limbah dapat terurai lebih banyak. Contoh pengolahan air limbah dengan sistem ini yaitu proses lumpur aktif, oxidation ditch, step aeration, extended aeration dan contact stabilization.

  1. Proses pengolahan limbah dengan biakan melekat

Pengolahan IPAL rumah sakit biotek dapat juga dipergunakan dengan menggunakan metode biakan mikroba yang melekat. merupakan pengolahan air limbah dengan memanfaatkan biofilm yang terbentuk akibat adanya bakteri yang menempel di permukaan media pengolahan. Artinya, mikroba dibiakkan pada suatu media pertumbuhannya dan melekat pada permukaan media tersebut. Secara umum proses ini disebut dengan proses biofilm mikrobiologis. Air limbah akan dialirkan ke dalam reaktor yang mengandung mikroba dan diolah step by step untuk mendapatkan haasil pengolahan yang maksimal.

Proses ini dapat menggunakan oksigen maupun tanpa oksigen. Proses pengolahan air limbah dengan sistem ini dapat dilakukan secara kombinasi, menggunakan mikroba aerob dan anerob secara bersamaan. Contoh pengolahan air limbah dengan sistem ini antara lain biofilter tercelup, trickling filter, reaktor kontak biologis putar dan masih banyak yang lainnya. Ipal rumah sakit biotek dapat mengadopsi semua sistem tersebut secara kombinasi maupun terpisah. Tetapi harus dengan Perencanaan dan design yang matang.

  1. Proses pengolahan limbah dengan sistem kolam 

Proses pengolahan IPAL rumah sakit dengan sistem kolam agak berbeda sedikit sistemnya dengan ipal rumah sakit biotek. Teknik yang digunakan pada ipal dengan metode  seperti ini membutuhkan lahan yang luas. Bahkan untuk membangun suatu kolam stabilisator diperlukan lahan yang cukup luas. Model seperti ini kurang cocok jika diterapkan daalam sistem ipal rumah sakit. dikhawatirkan akan banyak mengganggu akses jalan di area rumah sakit.  Namun, jika limbah yang dihasilkan tidak terlalu banyak, pembangunan kolam dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Penggunaan kolam limbah ini dapat menampung limbah cukup lama.

Di dalam kolam ini telah dibiakkan mikroba yang dapat menguraikan zat-zat yang ada pada air limbah. Untuk mempercepat proses penguraian air limbah dapat ditambahkan aerasi sehingga oksigen yang terlarut dalam air semakin banyak dan kerja mikroba dapat lebih optimal. Penghitungan waktu tingga dan parameter ukur lainnya tetap harus diperhatikan dengan seksama untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Keunggulan Ipal Rumah Sakit Biotek 

Secara umum fungsi dan manfaat ipal biotek ini sama dengan ipal rumah sakit dengan sistem dan metode lainnya. Akan tetapi sedikit pembeda dari sistem ini kami terangkan sebagai berikut.

  1. Tidak membutuhkan tempat yang luas karena semua sistem sudah tergabung menjadi satu kesatuan dalam sebuah tangki fiberglas.
  2. Sangat efektif untuk masalah lahan. Jika tidak terdapat akses tempat yang luas atau bahkan tidak ada akses Pemasangan tangki ipal rumah sakit ini dapat ditanam di dalam tanah. dan lahan yang berada di atas nya dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.
  3. Sistem pembuatan yang cepat. Untuk membuat satu unit ipal rumah sakit biotek dengan kapasitas 50 meter kubik per hari hanya diperlukan waktu sekitar 14 hari.
  4. Pemasangannya yang super mudah. Teknik dan cara pemasangannya hanya tinggal plug and play. Tanpa diperlukan instalasi perpipaan yang rumit. Penambahan instalasi pipa jika dalam pengolahan lanjutan ditambahkan tangki filter. Untuk water polishing dan menyempurnakan hasil air buangan.
  5. Untuk project besar dan akses jalan yang sulit tangki ipal biotek ini dapat difabrikasi di lapangan langsung. Sehingga tidak akan mengganggu akses jalan masuk atau bahkan merusak akses jalan.
  6. Penggunaan material fiberglas pilihan memmbuat tangki ini tahan lama. Hal ini disebabkan bahan fiberglas merupakan salah satu bahan turunan dari renforce plastik. Dan terbukti anti karat termasuk jika terkena air limbah yang umumnya bersifat asam.

Penutup

Demikian artikel mengenai Ipal rumah sakit biotek ini kami sajikan. Silahkan di share kepada rekan pembaca lainnya jika artikel ini bermanfaat. Pastikan memilih perusahaan kami Toya Arta Sejahtera dalam pembangunan ipal rumah sakit. Karena perusahaan kami adalah mitra dan partner terbaik pabrikan ipal. Untuk kontraktor atau konsultan ipal yang telah memiliki design dan ingin memilih jasa fabrikasi tangki fiberglas untuk ipal. Perusahaan kami dapat menjadi pilihan terbaik sebagai fabrikator tangki fiberglas berkualitas. Kemampuan teknis proses pengolahan air limbah rumah sakit dan STP kami dapat mengakomodir semua sistem yang ingin diterapkan.

Untuk pemesanan paket ipal rumah sakit biotek atau pemesanan jasa pembuatan tangki fiberglas saja. Silahkan menghubungi kami via telephone, Email atau Fast response cal 24 jam kami. Layanan konsultasi fast response juga kami layani melalui sambungan whats ap. atau anda dapat mengundang kami untuk site supervisi ke project. Dengan senang hati kami akan mempresentasikan semua produk dan layanan dari perusahaan kami.

 

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

 

 

Instalasi IPAL Medis Rumah Sakit Mengenal Cara Kerja nya

 

 

Tangki STP Fiber Bioreactor untuk Ipal dan WWTP

 

 

Contoh IPAL Rumah Sakit dengan Sistem Bioreactor

 

 

Manfaat IPAL Rumah Sakit Jenis Dan Definisinya

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

2 komentar untuk “IPAL Rumah Sakit Biotek Yuk Ketahui Sistem dan Cara Pengolahannya”

  1. Ping-kembali: Ipal Biotech Design Limbah Domestic Sistem portable harga murah

  2. Ping-kembali: Harga Biotek 2 m3 Tangki Septik Sesuai kapasitas - Toya Arta Sejahtera

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *