pengadaan ipa

Pengadaan IPA simak Informasi Proses nya disini

Informasi penting mengenai pengadaan ipa. Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant merupakan konstruksi atau bangunan pokok dari sistem pengolahan air bersih. Di dalam pengolahan air bersih terdapat 3 konstruksi atau bangunan, yaitu Intake, Water Treatment Plant (WTP), atau IPA dan Reservoir. Semua Bangunan tersebut terkoneksi menjadi satu dalam satu aliran air. Sehingga sistem aliran sudah tertata rapi dalam suatu proses pengolahan air. Mulai dari pengambilan air dari sumber air permukaan atau mata air.

Dilanjutkan ke proses pengolahan air bersih. Kemudian proses penampungan sementara air hasil olahan. dan dilanjutkan dengan metode sistem supplay air bersih kepada pelanggan. Semua hal tersebut sudah didesign secara sistemaatis dalam alur sistem Pengadaan ipa. Di indonesia umunmua pengolahan air bersih yang diterapkan menggunakan model ipa baja. yaitu sistem pengolahan air bersih dengan menggunakan material besi baja sebagai bahan produknya. Selain itu juga ada pula yang menggunakan ipa fiber untuk proses pengolahannya. Semua sistem diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

 

 

pengadaan ipa

 

 

 Apa yang dimaksud intake?

Intake merupakan konstruksi atau bangunan pertama untuk masuknya air dari sumbernya. Di dalam intake biasanya terdapat bar screen dan berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang di air. Selanjutnya air akan dipompa dalam Water Treatment Plant.   Pengadaan IPA berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) terkontaminasi. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standard mutu sehingga siap untuk dikonsumsi. Bagaimana proses pengadaan IPA yang digunakan di Indonesia? Berikut penjelasannya.

 

 

5 Proses Pengadaan IPA di Indonesia

 

  1. Koagulasi

Pada proses ini Instalasi Pengolahan Air (IPA) melalui tahap destabilisasi partikel koloid. Hal ini dikarenakan sumber air biasanya berbentuk koloid yang terkandung di dalamnya. Adapun tujuan dari proses ini adalah untuk memisahkan air dengan pengotor yang larut di dalamnya. Proses destabilisasi ini bisa dilakukan dengan menambahkan bahan kimia. Selain itu bisa juga dilakukan secara fisik dengan rapid missing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump) serta secara mekanis menggunakan batang pengaduk. Bahan kimia yang dipergunakan dalam proses ini yaitu koagulant. baik diambil dari basic sulphate maupun cloride.

 

  1. Flokulasi

Proses flokulasi dalam IPA memiliki tujuan untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Proses flokulasi akan dilakukan pengadukan lambat (slow mixing) tetapi aliran air harus tenang. Supaya bisa meningkatkan efisiensi dalam proses flokulasi biasanya ditambah dengan senyawa kimia. Senyawa kimia yang digunakan harus mampu mengikat flok-flok. Proses ini dilakukan dengan mengubah aliran dari aliran cepat menjadi aliran lambat. Hal ini bertujuan agar flok yang terbantuk dapat menjadi besar dan cepat mengendap. proses ini sangat penting dalam pengadaan ipa.

 

  1. Sedimentasi

Proses pengadaan IPA selanjutnya adalah sedimentasi. Pada proses ini menggunakan prinsip berat jenis. Proses sedimentasi dalam WTP atau IPA berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sebelumnya sudah di destabilisasi. Perlu diketahui jika partikel koloid lebih besar berat jenisnya daripada air itu sendiri. Pada saat ini, proses koagulasi, flokulasi dan sedimentasi dalam Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau WTP ada yang dibuat tergabung. Gabungan di antara ketiganya berubah menjadi sebuah proses yang disebut dengan nama aselator.

 

  1. Filtrasi

Sama seperti namanya, proses filtrasi dalam Instalasi Pengolahan Air (IPA) memiliki tujuan untuk penyaringan. Teknologi membran bisa dilakukan atau digunakan dalam proses ini. Saat proses penyaringan juga bisa menggunakan media lainnya, seperti pasir dan sebagainya.Umumnya dalam proses pengadaan ipa teknik yang dipergunakan dalam proses filtering sistem ini menggunakan metode Grafity filter.

Yaitu sistem filtrasi dengan memanfaatkan tekanan air hasil olahan untuk mengalirkan air ke media filter yang terdapat dalam unit Filtrasi. sistem ini sangat efektif mengingat proses back wash dan fast rinse nya tidak memerlukan pompa lagi.   Teknologi membran yang digunakan dalam proses fitrasi memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis tersebut, yaitu UF (Ultra filtration) System, Multi Media Filter, MF (Microfiltration) System, dan RO (Reserve Osmosis) System.

 

  1. Desinfektan

Proses Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang terakhir adalah desinfektan. Desinfektan ini dilakukan setelah melewati proses filtrasi dan air bersih dari pengotor. Setelah filtrasi kemungkinan masih terdapat bakteri atau kuman yang hidup sehingga diperlukan penambahan senyawa kimia dalam IPA/WTP. Senyawa kimia yang dipilih pada sistem Pengadaan ipa pastinya harus bisa membunuh bakteri dan kuman hingga mati. Senyawa kimia yang dipilih biasanya UV, ozonisasi, penambahan chlor, dan sebagainya.

Hal ini harus dilakukan sebelum masuk ke konstruksi yang terakhir yaitu reservoir. Reservoir itu sendiri berfungsi sebagai tempat untuk penampungan sementara air bersih sebelum didistribusikan ke masyarakat. Nah, itulah 5 proses pengadaan IPA yang digunakan di Indonesia. Diharapkan uraian di atas bisa memberikan gambaran bagaimana air bersih yang dikonsumsi manusia harus melewati proses panjang. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

 

Tentang Perusahaan kami Toya Arta Sejahtera Pabrikan Pengadaan Ipa Terbaik

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengadaan ipa dan pembangunan sistem pengolahan air bersh hubungi perusahaan kami Toya arta Sejahtera. Perusahaan kami spesialisasi dalam bidang pengolahan air limbah dan pengolahan air bersih . produk produk seperti Ipa Baja dan sistem ipa Fiber adalah produk unggulan kami. Segera hubungi Marketing dan tecnical suport kami untuk mendapatkan harga terbaik dan penawaran menarik. serta promo promo produk water treatment fabrikasi kami.

Konsultasikan kebutuhan pengolahan air bersih anda dengan menghubungi kami via telephone atau aemai. Atau anda juga dapat menghubungi kami via fast response Whats ap dan mengundang kami untuk survey ke lokasi rencana pengadaan ipa dibangun. dengan senang hati kami akan mempresentasikannya. Demikian artikel mengenai pengadaan ipa ini kami sajikan semoga dapat bermanfaat buat pembaca semuanya. Silahkan di share kepada pembaca lainnya demi perkembangan ilmu pengetahuan kita bersama. terutama masalah pengadaan ipa dan sistem pengolahan air bersih di Indonesia.

 

 

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

 

 

 

 

IPA Baja Paling Murah Spesifikasi Lengkapnya disini

 

 

 

 

Instalasi Pengolahan Air Minum yang Tepat Guna

 

 

 

 

Instalasi Air Bersih 4 Faktor Penting saat Pemasangan Instalasi

 

 

 

 

 

Harga Instalasi Pengolahan Air Minum Semua Informasinya ada disini

 

 

 

 

 

REFERENSI PERUSAHAAN PENGADAAN IPA TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *