fungsi ipal rumah sakit

Fungsi IPAL Rumah Sakit dan Manfaat Pengolahan Limbah

Bagi orang awam mungkin belum paham tentang pengertian dan fungsi IPAL rumah sakit. Namun hal ini juga perlu diketahui untuk menambah wawasan. Apalagi, kini sudah banyak sekali teknologi pengolahan limbah rumah sakit yang bisa dipilih untuk meningkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan lingkungan. IPAL itu sendiri juga merupakan syarat sebuah bangunan layanan kesehatan bisa berdiri dan memiliki izin resmi pemerintah.

fungsi ipal rumah sakit

Bukan hanya sebagai persyaratan atau peraturan dari pemerintah. Fungsi Ipal Rumah Sakit juga dibuat untuk tujuan yang baik dan juga memiliki banyak manfaat. Hal itu terutama untuk meningkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekitar gedung layanan kesehatan seperti rumah sakit. Layanan atau fasilitas kesehatan lainnya antara lain puskesmas, rumah bersalin, laboratorium medis, klinik kesehatan dan lain sebagainya.

Fungsi IPAL Rumah Sakit dan Manfaatnya

IPAL atau kepanjangannya Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sebuah sistem dengan peralatan lengkap untuk memproses dan mengolah cairan limbah buangan. Limbah tersebut berasal dari semua kegiatan pelayanan kesehatan di rumah sakit dari berbagai ruangan. Beberapa fasilitas kesehatan masih ada yang mengolah limbah campuran antara limbah medis dan non medis, padahal hal itu tidak disarankan. Untuk menanggulanginya perlu dibangun sebuah fasilitas untuk pengolahan air limbah. Itulah salah satu fungsi ipal rumah sakit

Kedua jenis limbah tersebut memiliki karakter yang berbeda dan tidak boleh dicampur. IPAL itu sendiri menggunakan berbagai macam perangkat atau peralatan yang disesuaikan dengan teknik pengolahannya. Hal ini karena teknik pengolahan limbah itu sendiri juga bermacam-macam baik secara fisik, kimia maupun biologis. Fungsi ipal rumah sakit akan dapat berjalan dengan baik jika design sistem dan metode yang diterapkan dalam pengolahan limbah sudah tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tiga macam pengolahan air limbah yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Pengolahan Secara Fisika

Pengertian dan fungsi IPAL rumah sakit juga termasuk pengolahan secara fisika yang dominan dan mudah terlihat pada air limbah. Unit pengolahan fisik meliputi screening (penyaringan), mixing (pengadukan), flokulasi, sedimentasi, flotation (pengapungan) dan filtrasi.

  1. Pengolahan Secara Kimia

Sedangkan untuk proses pengolahan limbah yang dilakukan secara kimia menggunakan bantuan kimiawi untuk mengkonversi atau menghilangkan polutan dalam limbah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan zat kimia ke dalam proses pengolahan limbah atau memanfaatkan proses kimiawi. Proses kimiawi yang dimaksud antara lain adsorpsi, precipitation, dan desinfeksi.

  1. Pengolahan Secara Biologis

Selanjutnya, untuk pengolahan limbah secara biologis dilakukan dengan memanfaatkan bakteri dengan mikroorganisme atau melalui aktivitas biologis. Aktivitas biologis tersebut seperti nitrifikasi, denitrifikasi atau penghilangan zat organik. Berdasarkan pengertian IPAL rumah sakit secara biologis dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan polutan yang terkandung dalam limbah.

Aktivitas pengolahan limbah rumah sakit itu sendiri bertujuan untuk menyaring dan membersihkan air yang sudah tercemar. Dari berbagai macam metode pengolahan limbah yang dilakukan di rumah sakit, berikut ini manfaat dari fungsi ipal rumah sakit yang dapat dirasakan, antara lain:

  • Pengolahan limbah dilakukan agar kualitas air yang tadinya bersifat polutan menjadi bebas polutan dan agar bisa digunakan kembali sesuai kebutuhan
  • Dengan melakukan proses IPAL Rs, limbah yang berasal dari aktivitas atau kegiatan di rumah sakit tersebut lebih aman dialirkan ke pembuangan
  • Fungsi ipal rumah sakit yang paling utama adalah  mengurangi bau di area sekitar rumah sakit. Sehingga pasien dan pengunjung dapat merasakan kenyamanan saat berada di lingkungan rumah sakit.
  • Setelah air limbah berhasil diolah dan bebas polutan, biota di dalam lingkungan tempat pembuangan limbah tidak akan mati atau tercemar

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian dan fungsi IPAL rumah sakit dan manfaat yang didapatkan. IPAL itu sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, jadi hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Selain itu, yang paling penting untuk diperhatikan adalah melakukan proses IPAL sesuai dengan prosedur dan merawat peralatannya dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tentang Perusahaan Penulis

Toya Arta sejahtera. sebuah perusahaan yang berdomisili di kabupaten bogor. Yang bergerak dalam bidang pengolahan air limbah dan air bersih. Ipal Rumah sakit merupakan salah satu produk ungulan perusahaan kami. Kami menjamin setiap project yang kami kerjakan dapat mengakomodir fungsi ipal rumah sakit yang dominan. Model Bioreactor dan Open reactor adalah type produk yang selama ini kami terapkan. Dengan menjunjung konsep Low cost low operational cost dan Low maintenance cost ipal rumah sakit hasil produksi kami telah eksis berjalan sampai dengan hari ini.

Pastikan memilih toya Arta Sejahtera sebagai Partner Terbaik dalam pengadaan paket ipal rumah sakit. Perusahaan kami akan menerapkan secara benar fungsi ipal rumah sakit untuk pengelolaan lingkungan. Dengan menerapkan sistem pengolahan ipal rumah sakit yang benar. dan design perhitungan yang matang. Jaminan kualitas air buangan hasil pengolah kami garansi dapat di daur ulang lagi. Tentunya untuk kebutuhan air bersih non medis.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

Proses Pengolahan Limbah Rumah Sakit Menggunakan Tabung Reactor

Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit dengan sistem RBC

Harga IPAL Rumah Sakit Terbaru Berapa Ya ? Cek Informasinya Disini

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

 

 

 

 

3 komentar untuk “Fungsi IPAL Rumah Sakit dan Manfaat Pengolahan Limbah”

  1. Ping-kembali: Zat Koagulan Alum PAC Untuk Reaksi kimia Organik Ipal WTP

  2. Ping-kembali: Fungsi Bak Kontrol Saluran Air Drainase Rumah Pengolahan Limbah

  3. Ping-kembali: Fungsi Kaporit dalam penjernihan Air Bersih dan Kolam renang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *