pengolahan limbah cair rumah sakit

Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit dengan sistem RBC

Sistem pengolahan limbah cair rumah sakit sangat diperlukan karena limbah medis maupun non medis merupakan sumber pencemaran lingkungan yang potensial. Namun, sistem pengolahan limbah ini juga tidak bisa disamakan antara fasilitas kesehatan yang satu dengan yang lainnya. Hal ini karena skala pelayanan kesehatan yang dilakukan juga berbeda-beda antara rumah sakit, klinik, laboratorium dan lainnya. Dalam merencanakan proses pengolahan air limbah atau ipal rumah sakit. diperlukan design dan perhitungan yang matang agar ipal rumah sakir yang dihasilkan dapat berjalan dengan sempurna. Penentuan sistem yang dipergunakan dalam ipal rumah sakit biasanya dirancang oleh konsultan perencana. Yang kemudian di aproval oleh petugas pemberi kerja. Pengolahan Limbah cair rumah sakit yang akan kita bahas di bawah ini menggunakan sistem RBC. Walaupun sistem ipal rumah sakit model ini sudah jarang diterapkan tidak ada salahnya kita juga mengenal sistem yang sempat booming di masa dahulu.

 

pengolahan limbah cair rumah sakit

 

Teknik Pengolahan Limbah cair rumah sakit atau IPAL Rumah sakit itu sendiri sebenarnya sudah beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah jumlah air limbah yang akan diolah serta kualitas air limbah dan air olahan yang diharapkan. Selain itu, perlu juga memperhatikan ketersediaan lahan, biaya/anggaran, sumber energi, kemudahan pengoperasian dan perawatan peralatan IPAL itu sendiri. dan yang tidak boleh dilupakan juga harus diperhatikan aspek ketersediaan spare part ketika proses ipal rumah sakit bermasalah. Upayakan selalu menggunakan produk dalam negeri yang berkualitas. Dan spare part nya tersedia di lapangan.

Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit RBC

Pengolahan Limbah cair rumah sakit secara biologi dibagi menjadi tiga macam yaitu biomasa tersuspensi, biomasa melekat dan sistem lagoon atau kolam. Salah satu pengembangan dari sistem biakan melekat adalah sistem pengolahan limbah cair rumah sakit metode RBC atau Rotating Biological Contactor. Pengertian sistem ipal RBC adalah salah satu pengolahan limbah dari proses biomasa melekat dengan persentase 80-95% dalam menghilangkan BOD. Cara kerjanya yaitu dengan memutar rotor disc yang terdiri dari susunan media berbentuk bulat terbuat dari material PVDF. Struktur media berlubang lubang seperti saringan. Lubang pada media tersebut buat tempat tinggal bakteri dalam menguraikan air limbah. Kelebihan dari sistem pengolahan ini adalah konsumsi energinya cukup rendah dan tidak perlu proses aerasi. biaya yang dikeluarkan hanya power untuk memutar rotor disc nya saja.

Sedangkan produksi lumpurnya relatif lebih kecil atau sedikit dan relatif tidak menimbulkan buih. Secara umum, metode atau cara yang digunakan dalam sistem RBC adalah membuat limbah kontak langsung dengan mikroorganisme agar bisa terurai. dalam proses pengolahan limbah cair rumah sakit. Mikroorganisme tersebut merekat pada piringan atau disk yang berputar di dalam tabung reaktor.

Piringan yang dimaksud terbuat dari bahan polimer atau plastik ringan yang disusun berjajar pada satu poros membentuk suatu modul. Cara kerjanya yaitu modul tersebut akan berputar dalam keadaan tercelup sebagian ke dalam air limbah yang mengalir. Mikroorganisme bertugas untuk mengambil senyawa organik dan oksigen pada limbah, lalu menggunakannya untuk proses metabolisme atau perkembangbiakan mereka. Pengolahan air limbah rumah sakit RBC meliputi bak pemisah, pengendap awal, kontrol aliran, reaktor, pengendap akhir, klorinasi dan pengolahan lumpur. Berikut ini penjelasannya:

  1. Bak Pemisah Pasir

Limbah rumah sakit akan masuk pertama kali ke dalam bak pemisah pasir yang berfungsi untuk memisahkan kotoran pasir atau lumpur kasar. Sedangkan kotoran lainnya yang mengambang tidak ikut masuk ke dalam sistem pengolahan RBC. Dalam proses pengolahan limbah cair rumah sakit proses ini dilakukan pada pengolahan awal dan dinamakan dengan sistem grit chamber.

  1. Bak Pengendap Awal

Proses selanjutnya yaitu pengendapan kotoran pasir, lumpur dan padatan tersuspensi yang telah dipisahkan sebelumnya. Waktu yang diperlukan dalam bak pengendap awal ini umumnya hanya 2 hingga 4 jam. Sistem pengendapan awal dalam proses pengolahan limbah cair rumah sakit sistem RBC. Dibuat dari bak beton atau bak besi. Konsep dari sistem ini sebetulnya untuk reaksi An Oxid dengan memanfaatkan bakteri an organic untuk menguraikan sebagian organik. sehingga kinerja mesin Utama RBC tidak berat.

  1. Bak Kontrol Aliran

Bak kontrol aliran ini berfungsi sebagai cadangan, jika debit air limbah lebih dari kapasitas perencanaan, maka akan mengalir ke bak ini. Dengan kata lain, bak ini digunakan untuk penyimpanan sementara, setelah debit air kecil maka akan ikut ke proses selanjutnya. Sistem ini dinamakan dengan Dump Tank. Fungsinya dalam pengolahan limbah cair rumah sakit yaitu jika sudah tidak ada limbah cair yang masuk untuk diolah. Air yang ditampung pada bak ini dapat dialirkan sedikit demi sedikit.

  1. Contactor RBC

Pengolahan air limbah rumah sakit selanjutnya yaitu penguraian oleh bakteri dan mikroorganisme sehingga senyawa organik dalam limbah akan berkurang. Waktu tinggal di dalam bak contactor RBC ini sekitar 2,5 jam. Sistem kontak RBC ini merupakan sistem utama dalam pengolahan limbah cair rumah sakit. pada unit ini lah semua kandungan pengotor limbah akan di reaksikan dengan bakteri pengurai yang menempel pada rotor disc. Kinerja dari putaran rotor disc harus diatur pada RPM tertentu. Mutaran motor tidak boleh terlalu cepat karena dapat menghancurkan media bekteri yang melekat pada media rotor disk ipal rumah saakit.

  1. Bak Pengendap Akhir

Bak pengendap akhir ini berfungsi untuk mengendapkan hasil olahan contactor RBC dalam waktu sekitar 3 jam. Hasilnya sudah relatif terlihat jernih, namun masih perlu sterilisasi. Penggunaan bak pengendap dalam sistem pengolahan limbah cair rumah sakit sifatnya wajib. Lumpur yang masih terbawa akan mengendap pada unit ini. secara periodik sludge tersebut dibuang atau dilakukan proses pengepresan. lumpur yang dihasilkan sistem ipal rbc sangat sedikit sekali. umumnya lumpur akan dibuang dalam periode enam bulan sekali.

  1. Bak Klorinasi

Bak klorinasi ini berfungsi untuk membuat hasil limbah lebih steril dari bakteri coli, bakteri patogen atau virus lainnya. Proses ini dilakukan dengan cara diberi senyawa klorin untuk membunuh bakteri patogen tersebut.

  1. Bak Pengolahan Lumpur

Bak ini menampung semua endapan dari proses-proses di atas lalu diaduk secara perlahan dalam waktu yang lama. Setelah itu, hasilnya dipompa ke bak pengering lumpur dan ditampung untuk selanjutnya dikirim ke pusat pengolahan lumpur.

Nah, itulah informasi tantang pengolahan air limbah rumah sakit dengan metode Rotating Biological Contactor (RBC). Semoga informasinya bermanfaat.

Penutup.

Pastikan memilih perusahaan kami Toya arta Sejahtera sebagai fabrikator Pengadaan Proses Pengolahan limbah cair rumah sakit. Karena perusahaan kami pasti dapat menjadi partner kerja dan mitra terpecaya yang dapat diandalkan. Penggunaan material berkualitas serta teknologi terkini ramah lingkungan merupakan keunggulan kami. Designe berpengalaman dan praktisi ipal rumah sakit yang berkompeten. Serta Teknisi yang handal dalam pemasangan dan pengoperasian. Adalah Layanan Istimewa kami. Hasil Effluent Yang berkualitas dan sesuai Baku mutu air limbah. Serta Gratis Training dan Pendampingan selama masa Garansi produk Adalah Garansi perusahaan kami.

Segera konsultasikan kebutuhan Pengolahan limbah cair Rumah sakit anda kepada kami. Hubungi Call Centre kami via telephone maupun emai. anda juga dapat konsultasi dengan kami via layanan fast response kami via sambungan Whats ap. atau dapat juga mengundang kami untuk survey ke lokasi rencana pembangunan ipal rumah sakit. Dengan senang hati kami akan mempresentasikan seluruh produk dan jasa dari perusahaan kami.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

 

 

Harga IPAL Rumah Sakit Terbaru Berapa Ya ? Cek Informasinya Disini

 

 

Supplier IPAL Rumah Sakit Perhatikan Hal ini Sebelum Memilih nya

 

 

Perencanaan IPAL Rumah Sakit Ini Dia Tips yang Perlu Diketahui

 

 

Design IPAL Rumah Sakit dengan Metode Bioreactor

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

1 komentar untuk “Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit dengan sistem RBC”

  1. Ping-kembali: Proses Pengolahan Limbah Rumah Sakit Bioreactor - Efektif

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *