pengelolaan ipal rumah sakit

Pengelolaan IPAL Rumah Sakit yang Tepat Ketahui 4 Proses tahapannya

Tahukah Anda bahwa dalam pengelolaan IPAL rumah sakit terdapat beberapa proses yang mana masing-masing memiliki tahapan yang berbeda-beda. Seperti yang diketahui, air limbah merupakan salah satu bentuk pencemaran lingkungan yang bisa dikatakan sangat potensial. Sehingga setiap Rumah Sakit disarankan untuk melakukan pengelolaan IPAL rumah sakit dengan benar dan tepat. Pengolahan limbah rumah sakit atau yang biasa disebut dengan ipal rumah sakit ini berupa bangunan atau struktur yang terbuat dari material besi atau fiberglas. Bentuk serta dimensinya pun bermacam macam. Pengelolaaan instalasi pengolahan air limbah secara baik dan benar akan mencegah kerusakan lingkungan. Terutama efek dampak lingkungan yang terjadi akibat pembuangan limbah cair rumah sakit secara sembarangan.

pengelolaan ipal rumah sakit

Perlu diketahui, dalam pengelolaan Ipal Rumah Sakit ternyata ada beberapa proses yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi. Salah satu masalah yang seringkali muncul dalam pengelolaan limbah ini yaitu keterbatasan dana untuk membangun fasilitas yang dapat menunjang proses pengelolaannya.

Berikut Proses Pengelolaan IPAL Rumah Sakit yang Tepat

Proses Lumpur Aktif

Cara atau proses pengelolaan limbah pada mesin ipal rumah sakit yang pertama yaitu dengan cara menggunakan lumpur aktif. Proses yang satu ini secara umum terdiri dari beberapa tahapan yakni bak pengendapan, bak aerasi, bak pengendapan akhir dan juga bak chlorines. Pada tahapan yang terakhir inilah menjadi tahapan untuk membunuh bakteri patogen yang banyak dijumpai pada limbah rumah sakit.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan proses lumpur aktif ini dalam pengelolaan ipal rumah sakit, salah satunya yaitu dapat mengelola air limbah dengan BOD yang besar. Nah, proses yang satu ini sangat cocok diterapkan dalam proses pengelolaan limbah dalam jumlah yang besar. Teknologi terapan dalam sistem ini salah satu contohnya yaitu sistem bioreactor. Salah satu mesin besutan dari Toya Arta Sejahtera ini menggunakan teknologi gabungan dari beberapa sistem pengolahan ipal rumah sakit yang diterapkan selama ini. Mudah dalam perawatan Operasional simple dan tidak menimbulkan bunyi berisik.

Proses RBC

Proses pengelolaan IPAL rumah sakit selanjutnya yang juga sering digunakan adalah proses RBC. RBC atau Rotating Biological Contactor merupakan sebuah teknologi pengelolaan limbah yang banyak mengandung polutan organik. Untuk prinsip kerja yang dijalankan oleh proses RBC ini yaitu air yang mengandung limbah organik dikontakkan dengan lapisan mikro-organisme.

Dalam proses ini, bakteri yang ada dalam limbah tersebut akan melekat pada biologi yang tersedia sehingga dapat mengurangi senyawa yang ada pada limbah tersebut. Nah, keunggulan dari proses RBC yaitu sistem operasi dan konstruksinya terbilang sederhana serta kebutuhan energi yang cenderung kecil. Sedangkan untuk kekurangannya sangat sensitif terhadap temperatur.

Proses Biofilter

Dalam proses pengelolaan IPAL rumah sakit dengan proses Biofilter terdiri dari dua tahapan yakni bak pengendapan dan bak biofilter yang diisi dengan beberapa media. Media yang dimaksud disini seperti batu pecah, kerikil, plastik dan media lainnya. Keunggulan dari proses ini yaitu dapat mengurangi konsentrasi padatan tersuspensi dan juga kontraksi total nitrogen.

Selain itu, proses pengelolaan ini terbilang sederhana, praktis, dan mudah serta tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Proses Biofilter dalam metode ipal rumah sakit ini sangat cocok untuk mengelola air limbah dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. selain sederhana dan praktis pemasangan dan pengoperasian sistem pengolahan limbah model ini juga tergolong mudah.

Proses Aerasi Kontak

Satu lagi proses pengelolaan IPAL di rumah sakit yang juga sangat populer dan sering dipakai yaitu dengan menggunakan proses Aerasi Kontak. Proses yang ketiga ini merupakan pengembangan atau gabungan antara proses lumpur aktif proses biofilter. Dalam tahapan kerjanya terdiri dari dua bagian yakni pengelolaan primer dan pengelolaan sekunder.

Lalu, apa saja kelebihannya? Berbicara tentang kelebihan ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki proses ketiga ini. Beberapa kelebihannya yaitu memiliki sistem pengelolaan yang mudah, biaya operasi yang rendah dan suplai udara untuk aerasi cenderung kecil. Selain itu jika dibandingkan dengan proses sebelumnya, Aerasi Kontak dapat menghasilkan lumpur yang relatif sedikit.

Penutup.

Nah, itulah beberapa proses pengelolaan IPAL rumah sakit yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas tentu kita sudah bisa mengetahui ingin menggunakan proses yang mana. Pastinya sudah sesuai dengan kebutuhan ya! Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu.

Layanan perusaahaan kami Toya Arta Sejahtera Yaitu pengadaan dan Fabrikasi Unit Ipal Rumah sakit. Segera Hubungi Tim suport kami untuk mendapatkan penawaraan dan Harga Terbaik untuk produk ipal rumah sakit. Memilih perusahaan kami dalam pengadaan dan pengelolaan ipal rumah sakit merupakan pilihan bijaksana. Garansi yang kami berikan meliputi garansi alat serta Garansi proses.

 

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

 

 

Fungsi IPAL Rumah Sakit dan Manfaat Pengolahan Limbah

 

 

Proses Pengolahan Limbah Rumah Sakit Menggunakan Tabung Reactor

 

 

Pengolahan Limbah Cair Rumah Sakit dengan sistem RBC

 

 

Harga IPAL Rumah Sakit Terbaru Berapa Ya ? Cek Informasinya Disini

 

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *