instalasi pengolahan air minum

Instalasi Pengolahan Air Minum yang Tepat Guna

Sekilas mengenai instalasi pengolahan air minum. Pencemaran air tanah yang semakin tidak bisa dikendalikan menjadi masalah besar bagi semua orang. Bagimana tidak karena air merupakan kebutuhan dasar untuk semua makhluk hidup termasuk manusia. Tanpa air jelas kita tidak akan bisa bertahan hidup. Itulah mengapa sebaiknya memang digunakan sebuah sistem instalasi pengolahan air minum agar derajat hidup manusia tetap terjaga kualitasnya. Selain itu penggunaan air yang sesuai standart merupakan jaminan kesehatan bagi setiap penduduk indonesia. Langkah pemerintah dalam mengambil tindakan. Setiap tahun membangun sistem instalasi pengolahan air minum sudah tepat. Hal ini untuk menciptakan keadilan di tengah masyarakat terutama pemerataan hak untuk mendapatkan air bersih yang layak.

 

instalasi pengolahan air minum

 

Mengapa air yang bersih itu sangat penting bagi manusia? Air yang tidak terjaga kualitasnya, kotor dan tercemar bisa menjadi bom waktu bagi manusia jika dikonsumsi. Cemaran air yang disebabkan oleh limbah, kotoran dan sebagainya bisa berpotensi merusak kesehatan dan ini tentunya sangat berbahaya. Terlebih bagi mereka yang hidup di perkotaan harus sangat cermat dalam hal ini.

Air tanah yang tercemar jika tidak diolah secara tepat dan benar artinya belum layak untuk dijadikan air minum dan konsumsi lainnya seperti memasak misalnya. Disinilah dibutuhkan sebuah sistem instalasi pengolahan air minum yang berfungsi mengembalikan kebaikan kualitas air agar layak untuk dikonsumsi manusia. selain itu pembangunan unit instalsi pengolahan tersebut untuk menjamin kecukupan penyediaan air bersih untuk penduduk. hal inilah mengapa project pembangunan instalasi Pengolahan water treatment ini dapat menjadi solusi ampuh untuk memenuhi kekurangan pasokan air bersih untuk masyarakat.

Agar instalasi untuk pengolahan air minum tersebut bisa efisien dan tepat guna, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Pertimbangan Dalam Membuat Instalasi Pengolahan Air minum

Penentuan Lokasi untuk Instalasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pemasangan instalasi pengolahan air minum adalah penentuan lokasi yang tepat. Bagaimana cara menentukan lokasi secara tepat? Caranya yaitu dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

  • Topografi dari wilayah yang akan dijadikan lokasi instalasi pengolahan air.
  • Kondisi geologis dari wilayah tersebut.
  • Sanitasi dari lingkungan di wilayah tersebut.
  • Tempat dan titik pengambilan sumber air baku untuk instalasi pengolahan air minum harus dekat dengan rencana lokasi Water Treatment dibangun
  • Relatif aman dari bencana alam seperti gempa atau banjir.
  • Mempunyai akses yang mudah dijangkau.

Secara umum bisa dikatakan bahwa lokasi yang bagus untuk membuat instalasi pengolahan air minum adalah daerah yang cukup tinggi. Tujuannya adalah agar air bisa mengalir tanpa dipompa. Kemiringan daerah lokasi yang disarankan yakni sekitar 2% – 3%.

Pemilihan Unit untuk Pengolahan Air Minum

Setelah mencari dan menentukan lokasi instalasi yang tepat selanjutnya adalah memilih unit yang akan digunakan untuk sistem pengolahan air minum. Pemilihan unit tersebut sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal, yaitu :

  • Kualitas air baku yang akan digunakan dan diolah haruslah memenuhi kriteria yang tepat. upayakan air baku sumber tidak mengandung limbah industri baik berupa logam berat maupun kandungan organik yang tinggi. Upayakan pengambilan titik intake air baku di lokasi yang masih dalam kondisi asli airnya.
  • Efisiensi unit pengolahan harus benar benar diperhatikan. dimulai dari penentuan sistem pengolahan yang tepat hingga perhitungan biaya opaerasional yang matang untuk menghindari kerugian saat sistem instalasi air beroperasi.
  • Fleksibilitas sistem pengolahan terhadap fluktuasi pada kualitas air. Sistem pengolahan yang diterapkan atau dipasang nantinya harus dapat mengolah air dengan kondisi apapu. Baik kotor keruh maupun dalam kondisi jernih. Semua teknik perhitungan design haruslah dirancang dengan matang.
  • Kemudahan dalam hal operasional serta perawatan instalasi. Upayakan menggunakan produk dalam negeri dan hindari pemakaian produk import. Hal ini untuk menjamin ketersediaan bahan pengganti jika suatu saat terjadi kerusakan. Pastikan kontraktor pelaksana memiliki akses untuk mendapatkan spare part yang sering diperlukan.
  • Kemudahan konstruksi pengolahahan air yang diterapkan dalam instalasi pengolahan air minum
  • Perhitungan besarnya biaya untuk investasi awal termasuk juga untuk operasional dan perawatannya.
  • Luas lahan keseluruhan yang dibutuhkan untuk membuat instalasi.
  • Pengoptimalan pada jumlah unit pengolahan air

Pertimbangan Instalasi pengolahan air bersih dari Segi Ekonomi

Pertimbangan dari segi dan nilai ekonomi juga menjadi hal penting di samping penentuan lokasi dan pemilihan unit. Sebagai contoh kebutuhan dalam pengadaan dan perawatan dari instalasi untuk pengolahan air minum tersebut. Unit operasional yang digunakan dalam instalasi tersebut juga akan mempengaruhi biaya. Setelah instalasi ini dibangun biasanya pengelolaan nya akan diserahkan kepada PDAM. Pada Tingkat ini lah diperlukan feasibility study yang layak dalam rangka relevansi antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang akan di dapat. Selain dapat memenuhi kebutuhan maasyarakat akan air bersih. di satu fihak yang lain pembangunannya harus dapat menghasilkan profit yang signifikan untuk negara.

Dalam instalasi pengolahan air minum digunakan 2 jenis unit operasional, yaitu :
  • Unit operasi atau pengolahan yang terdiri dari proses secara fisik seperti sedimentasi dan juga filtrasi. unit ini meliputi sistem V notch untuk pengontrolan debit aliran. diteruskan unit koagulator dan flokulator. serta unit clarifier baik berupa besi maupun fiber yang berfungsi untuk proses pengendapan. Pada Unit ini dilengkapi dengan fasilitas unit Tube setler untuk mempercepat setling dan memisahkan antara lumpur dengan air. selai itu juga tangki reservoir yang berfungsi untuk menampung air hasil olahan sistem instalasi air bersih.
  • Unit proses yang mempergunakan bahan-bahan kimiawi dan juga biologi. Termasuk dalam unit ini adalah proses koagulasi, pembubuhan zat kapur dan juga desinfektan.

Kebutuhan akan zat koagulan, obat desinfektan dan sebagainya tentunya juga akan berpengaruh pada biaya yang dibutuhkan dalam instalasi untuk pengolahan air minum. perhitungaan mengenai kebutuhan bahan kimia sebelumnya ditentukan melewaati metode jartest. dari hasil pengijian tersebut maka akan diperoleh perhitungan kebutuhan chemical setiap harinya. serta perhitungan total dalam satu bulan. Umumnya sekali pengadaan bahan kimia harus cukup untuk memenuhi selama tempo enam bulan.

Untuk kebutuhan pemasangan Instalasi pengolahan air bersih baik pengolahan ipa baja atau pengolahan sistem ipa fiber. Silahkan Hubungi Tecnical suport dan marketing kami. Dengan senang hati kami akan mempresentasikannya. dapatkan penawaran harga terbaik untuk semua produk instalasi pengolahan air bersih kami. Konsultasikan kepada kami seluruh kebutuhan pengolahan air anda. Hubungi kami via telephone atau email. Atau anda juga dapat konsultasi via fast response call kami lewat sambungan Whats Ap.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA.

 

 

Instalasi Air Bersih 4 Faktor Penting saat Pemasangan Instalasi

 

 

Harga Instalasi Pengolahan Air Minum Semua Informasinya ada disini

 

 

Pengolahan Air Bersih dan Proses Hingga Layak untuk Konsumsi

 

 

WTP Mengenal Media pada Sistem Filtrasi

 

 

 

 

REFERENSI PERUSAHAAN PENGADAAN PROSES WATER TREATMENT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *