pengolahan air bersih

Pengolahan Air Bersih dan Proses Hingga Layak untuk Konsumsi

Definisi mengenai pengolahan air bersih. Air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup termasuk manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Namun sayangnya kualitas air tanah saat ini sudah semakin memprihatinkan sebagai akibat dari pencemaran. Agar kembali layak untuk dikonsumsi maka harus dilakukan proses pengolahan air bersih. PDAM misalnya merupakan contoh dimana pengolahan air dilakukan. Keterbatasan penyediaan air bersih dan semakin berkurangnya sumber air membuat kebutuhan akan sistem pengolahan air minum ini semakin dibutuhkan.

Untuk menunjang hal tersebut pemerintah selalu berupaya untuk membangun terus instalasi aair bersih di beberapa tempat yang memerlukannya. Selain itu unit sistem pengolahan air bersih juga diperlukan dalam memenuhi kebutuhan proses industri. terutama industri dengan pemakaiaan air yang besar. Seperti  Industri Textile dan Industri kertas. Biasanya lokasi pabrik berdekatan dengan aliran sungai. Sehingga memudahkan dalam pengambilan air baku untuk sistem Water Treatment.

 

pengolahan air bersih

 

 

Air baku yang digunakan dalam pengolahan air bersih sebelum diproses dan dibersihkan merupakan air tanah yang kemungkinan besar sudah mengandung racun berbahaya. Polusi, pencemaran tanah oleh limbah dan juga logam berat akan membuat air tanah tidak layak dikonsumsi. Sebelum disalurkan kepada masyarakat untuk dikonsumsi, air tersebut harus melalui sebuah proses pengolahan lebih dulu agar lebih sehat.

Selain penggunaan air tanah Air permukaan seperti danau, Sungai dan lainnya juga dapat dijadikan sebagai sumber air baku dalam sistem pengolahan air bersih. Justru penggunaan air permukaan dapat mempermudah cara pengolahan nya. Karena Idealnya semakin air memiliki Turbidity yang tinggi akan semakin mudah diolah dengan proses Water Treatment.

Sebenarnya banyak metode yang bisa dilakukan dalam proses pengolahan air bersih tersebut. Tergantung kebutuhan air apakah untuk industrial ataukah air untuk konsumsi. Namun kali ini akan diambil contoh sederhana saja. Secara garis besar proses pengolahan dan pembersihan air sederhana seperti yang dilakukan PDAM adalah seperti berikut ini.

Tahapan Penyediaan dan Pengolahan Air Bersih

Tahap Intake

Proses pertama dalam upaya pengolahan air agar kembali bersih dan layak konsumsi adalah intake. Apakah yang dimaksud dengan intake tersebut? Intake merupakan tempat yang fungsinya untuk menampung air dari sungai atau sumber lainnya. Air yang masuk dalam tahapan intake ini memiliki debit tertentu yang sudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan untuk pengolahannya.

Menara Air Baku

Setelah melalui intake kemudian pengolahan air bersih akan dilanjutkan di menara air baku. Fungsi dari menara air baku ini adalah untuk mengatur dan melakukan pengontrolan pada laju air dan permukaannya agar tetap stabil. Jika permukaan air stabil dan konstan maka proses pengolahan akan lebih mudah dilakukan seperti penaburan obat, koagulasi, pengendapan serta penyaringan. menara baku berfungsi sebagai pengatur debit air agar komposis bahan kimi adapat tepat dosisnya. Fungsi dari menara air baku saat ini telah difantika dengan metode V notch box.

Clarifier Sebagai Ujung Tombak Sistem Proses Pengolahan Air Bersih

Tahapan selanjutnya setelah dari menara air baku kemudian akan menuju clarifier. Di tempat atau tahapan inilah nantinya air yang diolah akan mengalami koagulasi atau dibersihkan dari semua kotoran di dalamnya. Pembersihkan air dari kotoran di dalam clarifier tersebut dilakukan dengan cara mengendapkan. Pengendapan tersebut dilakukan di dalam jaring- jaring dari besi pada bagian bawahnya.

Jaring dari besi yang dipakai untuk proses pengendapan air di dalam clarifier ini disebut dengan lamlar. Setelah proses pengendapan dalam pengolahan air bersih pada lamlar selesai, kotoran yang tersisa akan langsung dibuang lewat pipa pembuangan.

Rapid Mixing atau Pengadukan Cepat

Pengolahan air selanjutnya akan masuk ke rapid mixing atau pengadukan cepat yang memiliki tujuan untuk mencampur air baku. Pada proses rapid mixing atau aduk cepat tersebut air baku akan dicampurkan dengan zat koagulan agar terjadi kaoagulasi.

Slow Mixing atau Pengadukan Lambat

Ada pengadukan cepat dan ada juga tahapan pengadukan lambat atau slow mixing dalam prose pengolahan air tersebut. Proses slow mixing ini terjadi pada alat yang disebut dengan pulsator. Alat tersebut bekerja dengan cara menurunkan dan menaikkan air di dalam ruang hampa. Air yang naik dan turun tersebut akan membuat flok-flok tercampur.

Setelah itu lumpur dan endapan yang terbentuk dalam flok dibuang setiap 15 menit sekali. Air dari slow mixing ini lalu akan diproses dalam tahap filterisasi atau penyaringan.

Filtrasi atau Penyaringan

Tahap terakhir dalam proses pengolahan air bersih adalah filtrasi atau penyaringan. Pada tahapan ini air akan disaring dari partikel halus yang tidak ikut terendap pada proses sebelumnya. Di tahapan ini juga digunakan pasir silika serta kerikil untuk menyempurnakan penyaringan. dalam sistem pengolahan air minum tangki ini biasanya menggunakan metode grafity filter. Tetapi sebagian juga aada yang menggunakan tangki pressure filter atau yang biasanya disebut tangki sand filter. Sistem penyaringan pada unit filtering sistem ini dengan menggunakan perhitungan 50 micron.

Reservoir

Reservoir adalah penyimpanan air sebelum didistribusikan kepada para pelanggan untuk dikonsumsi. Sistem tangki reservoir dihitung berdasarkan kapasitas pengolahan dan debit unit water treatment yang dipergunakan. Selain itu juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pengguna air setiap saat. tujuan utama reservoir tank adalah memberikan jaminan untuk kecukupan suplay air sepanjang waktu. Struktur reaservoir biaasanya dibangun dengan menggunakan beton. Untuk Pengolahan ipa fiber biasaanya tangki reservoir ini dirancang menggunakan besi atau reservoir fiberglas.

Demikian proses pengolahan air berjalan hingga nantinya layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Semoga bermanfaat.

Penutup.

Demikian Artikel mengenai pengolahan air bersih ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca semuanya, Perusahaan kami Toya rta Sejahtera adalah perusahaan spesiaalisasi dalam bidang pengolahan air limbah dan sistem Water Treatment air bersih. Konsultasikan segala kebutuhan water treatment anda kepada perusahaan kami. Hubungi kami via telephone atau email. Atau sambungan whats ap dengan Call centre fast response kami. Atau anda juga dapat mengundang kami untuk mempresentasikan semua produk dan layanan dari perusahaan kami.

Pastikaan memilih Toya Arta Sejahtera sebagai mitra dan partner terbaik dalam hal pembangunan dan pengadaan sistem pengolahan air bersih di tempat anda. Memilih perusahaan kami untuk menjadi penyedia atau kontraktor pelaksana sistem Water Treatment atau pengolahan air bersih merupakan sebuah pilihan yang sangat bijaksana. Toya Arta Sejahtera memberikan jaminan garansi produk yang berkualitas. Dan performa alat atau sistem yang maksimal.Sesuai dengan design yang dirancang. berbekal produk ipa baja dan ipa fiber sebagai unggulan perusahaan. dan telah terbukti serta teruji kualitasnya.

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

 

 

 

 

WTP Mengenal Media pada Sistem Filtrasi

 

 

 

 

Proses Water Treatment Macam-macam Teknik yang Perlu Diketahui

 

 

 

 

Sistem PDAM Mengenal Pengolahan Air Bersih Untuk Masyarakat

 

 

 

 

Pengadaan Sistem WTP

 

 

 

 

 

 

REFERENSI PERUSAHAAN PENGADAAN PROSES WATER TREATMENT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *