pengolahan limbah rumah sakit

Pengolahan Limbah Rumah Sakit Model Bioreactor

Setiap rumah sakit di Indonesia saat ini dipastikan sebagian besar telah memiliki Pengolahan limbah rumah sakit. Bangunan atau fasilitas ini biasa juga disebut dengan ipal rumah sakit. Fungsi daripada Fasilitas atau unit ini yaitu untuk menetralisir air buangan atau air limbah dari kegiatan medis rumah sakit. Akan tetapi masih ada saja rumah sakit yang belum memiliki ipal. atau sudah memiliki ipal tapi belum beroperasi secara maksimal, Belum beroperasinya ipal tersebut biasanya terkendala beberapa hal diantaranya, Design ipal yang dipergunakan tidak sesuai dengan karakteristik limbah yang ada. Saat Ipal dipasang tidak mengerti bagaimana cara pengoperasiannya. Design ipal terlalu kecil sehingga tidak mampu mengolah dengan kapasitas yang dihasilkan rumah sakit.

 

pengolahan limbah rumah sakit

 

Pengolahan Limbah Rumah Sakit Model Bioreactor Pilihan Terbaik design Ipal Rumah Sakit

Untuk anda yang berencana ingin membangun fasilitas pengolahan limbah rumah sakit. atau ingin modifikasi ipal, atau Optimalisasi Ipal serta Rehabilitasi Ipal yang ada. Tidak Ada salahnya sebelum menentukan pilihan sistem type dan model serta merek yang digunakan. Alangkah lebih baiknya dapat. menyimak terlebih dahulu mengenai Sistem Pengolahan limbah Rumah sakit Model Bioreactor. Sistem Ipal Rumah Sakit Bioreactor ini dikembangkan secara langsung oleh Toya Arta Sejahtera dengan menggunakan teknologi yang terbaru ramah lingkungan dan menghasilkan air efluent yang dapat di recycling kembali.

 

Pemaparan Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit Model Bioreactor.

Pada Intinya sistem pengolahan air limbah bioreactor menggunakan beberapa metode sistem.

dimana sistem pengolahan limbah rumah sakit tersebut mengacu kepada karakteristik limbah rumah sakit yang akan diolah. serta kapasitas jumlah air limbah / debitnya. Tahapan Tahapan pengolahan akan kami uraikan sebagai berikut>

 

  • Pra Pengolahan Air Limbah

Sebelum diolah terlebih dahulu air limbah dipisah pisahkan. Hal ini dilakukan untuk menentukan cara atau sistem pengolahan limbah rumah sakit apa yang akan diterapkan dalam proses pengolahan. Untuk Limbah Cair dari Dapur mempunyai kandungan minyak tinggi terlebih dahulu diolah di unit Grease Trap. Sistem ini berfungsi untuk memisahkan kandungan minyak dengan air. minyak yang memiliki berat jenis lebih rendah dari air akan menempati bagian atas sedangkan air akan menempati bagian bawah. Untuk limbah yang berasal dari laboratorium, sebelum diolah air limbah diolah terlebih dahulu di fasilitas unit ipal laboratorium. mesin ini berfungsi untuk menetralisir limbah laboratorium. dimana sebagian besar limbah laboratorium mengandung logam berat dengan kadar polutant yang tinggi. sebelum masuk ke sistem utama terlebih dahulu air limbah melewati unit screen bar yang berfungsi untuk menyaring kotoran, dan menjaga agar pompa pengolahan limbah rumah sakit tidak cepat rusak.

 

  • Pengolahan utama

Pengolahanlimbah rumah sakit Utama diawali dengan proses aerobic. Yaitu proses penguraian zat organik dalam air limbah dengan menggunakan bakteri atau microorganisme aerobic. Pengolahan dengan menggunakan model ini sangat efektif dalam sistem Pengolahan limbah rumah sakit. Untuk kebutuhan hidup bakteri pada unit ini dilengkapi fasilitas unit suplay pompa udara yaitu menggunakan Turbo jet Aerator. Alat atau mesin Turbojet arator ini berfungsi untuk memberikan asupan supaly oksigen yang cukup demi kelangsungan hidup mikroorganisme dalam sistem biologi aerobic. Jika Suplay udara cukup dan nilai DO dapat terpenuhi, Maka Bakteri akan bekerja dengan baik menguraikan limbah menjadi senyawa yang lebih sederhana yaitu CO2 dan H2O.

 

  • Pengolahan limbah Lanjutan

Yanng dimaksud sebagai pengolahan lanjutan dalam hal ini adalah Proses Filtering sistem. Proses ini menggunakan 2 Buah tangki filter untuk menyaring air dan menyerap sisa organik yang masih terbawa dalam effluent. Unit pertama sand filter berisi media Silica Sand atau pasir siiika dengan tingkat kepresisian penyaringan yang cukup tinggi yaitu sekitar 50 micron. Sedangkan tangki yang kedua yaitu carbon filter. berisi media carbon aktif berfungsi menyerap kandungan organik yang masih terbawa dalam effluent.

Kedua unit filter air  ini dirancang menggunakan model pressure vessel tank yang bekerja menggunakan pressure dari pompa. Dari Unit ini air yang dihasilkan telaah memenuhi standart baku mutu pengolahan limbah cair.

effluent yang dihasilkan akan dimanfaatkan sebagai air daur ulang atau recycling water untuk kebutuhan non medis, seperti siram taman, cuci mobil dan kebutuhan lainnya.

 

Demikian artikel ini kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan mengenai pengolahan limbah rumah sakit. pesan penulis Konsultasikan kepada perusahaan yang berkompeten dan berpengalaman dalam pembuatan fasilitas ipal rumah sakit. Hal ini untuk mencegah faktor kegagalan dalam menentukan sistem pengolahan yang tepat. Serta Memastikan Efektifitas sistem yang akan dipakai dapat bekualitas unggul serta hasil yang maksimal. Dengan Menggandeng perusahaan yang telah mumpuni dalah hal pengolahan limbah rumah sakit, Prosentase Tingkat keberhasilan sistem akan semakin tinggi. Jika artikel ini bermanfaat mohon di share kepada rekan rekan yang membutuhkan demi kemajuan pengetahuan bersama.

 

 

Baca artikel kami lainnya klik masing masing tulisannya ;

 

 

Sistem Ipal Rumah Sakit Bioreactor paling Unggul

 

 

 

Instalasi Ipal Rumah Sakit Informasi dan Penjelasannya

 

 

 

Ipal Rumah Sakit Murah

 

 

 

Tujuan Ipal puskesmas & Pengaruh Terhadap Lingkungan

 

 

 

Toya Arta Sejahtera Profile Spesialis Pengolahan Air Limbah Dan air Bersih

 

 

 

Surface Jet Aerator

 

 

 

 

REKOMENDASI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

 

 

 

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

TELP : +62 21 83716924 klik disini

 

 

 

CALL contac CENTRE FAST RESPONSE : +62 812 180 34606 klik disini

 

 

 

CALL VIA WA : 081218034606 klik disini

 

 

 

EMAIL  : toyaartasejahtera@gmail.com klik disini

 

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *