instalasi ipal medis rumah sakit

Instalasi IPAL Medis Rumah Sakit Mengenal Cara Kerja nya

Komponen utama limbah rumah sakit adalah bahan kimia berbahaya dan beracun serta mikroorganisme patogen yang bisa dihilangkan dengan cara mengolahnya menggunakan instalasi IPAL medis rumah sakit. Instalasi ini sudah didesain dengan cara kerja tertentu yang sehingga dapat menghasilkan cairan hasil pengolahan yang aman dibuang. Tujuannya yaitu menerapkan suatu sistem pengolahan air limbah / Ipal Rumah sakit secara se efisien mungkin. Ipal Rumah sakit ini biasanya dibangun bersamaan dengan dibangunnya rumah sakit. Ada Berbagai macan model serta type Instalasi Ipal rumah sakit yang dijual di pasaran. Semuanya memiliki Spesifikasi baik alat maupun jumlah kapasitas limbah yang diolah. Untuk mengetahui cara kerjanya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

 

 

instalasi ipal medis rumah sakit

 

Instalasi IPAL Medis Rumah Sakit Mengenal Gambaran Umum Cara Kerja 

Setiap instalasi pengolahan limbah, termasuk instalasi IPAL medis rumah sakit untuk mengolah limbah rumah sakit, dirancang dengan tujuan untuk menghasilkan buangan yang sudah memenuhi standar baku yang ditetapkan. Untuk mendapatkan output yang sesuai standar, teknologi yang digunakan bisa berbeda-beda. Teknologi yang dipergunakan akan disesuaikan dengan karakteristik limbah dan jumlah kapasitas air yang akan diolah

Meski teknologinya berlainan, cara kerja dan proses yang terjadi dalam pengolahan limbah secara umum memiliki kesamaan. Pada prinsipnya, pengolahan limbah rumah sakit merupakan kombinasi antara proses fisika, kimia, dan biologi dengan tahapan utama terdiri dari

  • penyaringan;
  • pengendapan awal;
  • penguraian limbah;
  • pengendapan akhir; dan

Rangkaian dalam proses Ipal rumah sakit ini dikemas menjadi sebuah produk yang biasanya berupa tangki tangki reactor Ipal rumah sakit. Prosesnya pun ada berbagai macam cara. Ada yang mengandalkan sistem gravitasi maupun dengan menggunakan pompa sebagai pengatur debit aliran air limbah rumah sakit.

  • Proses Penyaringan

Sebelum memasuki tahap pengolahan utama, air limbah terlebih dahulu harus melalui proses penyaringan. Penyaringan merupakan proses pengolahan secara fisika dan termasuk dalam proses pendahuluan (preliminary process).

Untuk penyaringan tahap awal digunakan saringan jenis bar screen. Bar screen adalah saringan berupa batang-batang yang disusun secara horizontal dengan jarak di antara setiap batang selebar 10 cm. Fungsi bar screen adalah menyaring kotoran berukuran besar yang terbawa dalam air limbah, seperti plastik, kayu, ranting, atau lainnya untuk mencegah kerusakan pompa, katup, dan bagian penting IPAL lainnya. Fungsi Lain dari Bar Screen dalam instalasi ipal medis rumah sakit.  yaitu untuk menjaga agar peralaatan seperti pompa pompa tidak cepat rusak karena kemasukan kotoran.

  • Proses Pengendapan Awal

Setelah melalui proses penyaringan sehingga bebas dari kotoran kasar, limbah dialirkan menuju bak pengendapan awal. Tujuan proses ini adalah untuk mengendapkan pasir, lumpur, dan kotoran lainnya yang terdapat dalam air limbah. Faasilitas unit ini dalam instalasi ipal medis rumah sakit dinamakan grit Chamber. Biasanya unit grit chamber terdiri dari dua bak yang bisa di operasionalkan secara bergantian. Sehingga ketika unit yang saatu beroperasi. Unit yang lainnya dapat dibersihkan. Sebelum unit ini di beberapa Ipal rumah sakit dipasangkan alat Comunitor. Comunitor bersungsi sebagai penghancur limbah cair yang masih mengandung padatan.

Selain untuk mengendapkan material padat, bak pengendapan awal pada instalasi ipal medis rumah sakit juga berfungsi untuk mengontrol aliran. Di dalam bak ini juga terjadi penguraian senyawa organik berbentuk padatan, pengurai lumpur (sludge digestion), dan penampung lumpur. Jadi kinerja bak ini menjadi dua fungsi. Selain pengendapan unit ini berfungsi sebagai reactor An Aerobic. Dengan mengandalkan bakteri an aerob yang bekerja menguraikan kandungan organik dalam air limbah rumah sakit.

  • Proses Penguraian Limbah oleh Mikroorganisme

Inilah tahapan paling utama dalam pengolahan air limbah rumah sakit. Penguraian senyawa-senyawa organik berbahaya yang terdapat dalam air limbah dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme. mikroorganisme yang digunakan dalam sistem instalasi ipal medis rumah sakit yaitu mikroba aerobic. Atau jenis bakteri yang dapat hidup dan bekerja dengan baik dengan kondisi adanya udara. Kecukupan nilai DO adalah Paraameter yang dipergunakan dalam menentukan cukup dan tidaknya udara dalam kolam air limbah. Untuk kebutuhan Suplay udara biasanya dipergunakan Aerator sebagai peralatan utama. ada Beberapa Jenis Aerator yang dipergunakan. Model Seperti Blower dan Turbojet Aerator sudah sanagt lazim dipergunakan di setiap Sistem Ipal Rumah sakit di Indonesia.

Lantas Bagaimana Sistem Prosesnya ?

Pada proses ini, limbah yang sudah melalui tahap pengendapan awal dialirkan ke bak kontaktor yang dilengkapi media untuk proses. Dalam bak ini terjadi proses penguraian senyawa organik dalam limbah oleh mikroorganisme. Dalam beberapa hari, permukaan media filter akan ditutupi lapisan film mikroorganisme. Penggunaan media dalam proses ini dapat berupa media MBBR ataupun media Bioball. Fungsi Utamanya yaitu sebagai rumah atau tempat bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. Dalam pengolahan ipal medis rumah sakit bakteri akan menempel di setiap permukaan media tersebut

Pada instalasi ipal medis rumah sakit yang menggunakan proses anaerob-aerob, limpahan air limbah dari bak kontaktor anaerob dialirkan menuju bak kontaktor aerob. Bak ini dilengkapi media filter dan aerator untuk mengembuskan udara agar mikroorganisme dapat tumbuh dan menguraikan zat organik pada limbah.

  • Proses Pengendapan Akhir

Proses ini bertujuan untuk mengendapkan lumpur aktif berupa massa mikroorganisme yang berfungsi sebagai pengurai limbah. Lumpur hasil pengendapan kemudian dipompakan kembali ke bak aerasi sehingga terjadi proses sirkulasi lumpur. Sementara itu, bagian limbah yang berbentuk cairan yang warnanya sudah lebih jernih dialirkan menuju bak klorinasi. Sistem ini lebih dikenal dengan nama RAS ( Recycling Activated Sludge ). Sistem Ini merupakan proses vital dalam instalasi ipal medis rumah sakit. Tanpa adanya sistem ini bakteri akan mengalami proses denitrifikasi akibat terlalu lama mengendap dalam dasar bak.

  • Proses Disinfeksi

Yang terakhir dalam proses Instalasi ipal medis rumah sakit yaitu Proses Klorinasi. Proses ini merupakan tahap akhir pengolahan limbah. Cairan limbah yang dialirkan dari bak pengendapan akhir memang sudah jauh lebih jernih dibandingkan kondisi awal, tetapi hal itu bukan berarti sudah cukup aman untuk dibuang. Cairan tersebut masih mengandung mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) sehingga harus dilakukan proses disinfeksi dengan cara menambahkan senyawa klorin.

Tentang Perusahaaan kami Toya Arta Sejahtera Pabrikan Instalasi Ipal rumah Sakit Terbaik

Toya Arta Sejahtera Adalah Perusahaan yang berdomisili di kabupaten bogor. Bergerak dalam bidang pengolahan air Limbah / IPAL serta Pengolahan Air bersih / Water Treatment. Produk produk unggulaan dalam bidang lingkungan setiap tahun kami ciptakan dan kami kembangkan. Instalasi ipal Rumah sakit dengan sistem Bioreactor adalah salah satu produk kami. Ada banyak keunggulan sistem ipal rumah sakit yang kami produksi. Jaminan selesai tepat waktu. Perhitungan design yang matang serta Pelatihan operator dan pendampingan teknisi selama masa perawatan. Adalah prioritas daan layanan istimewa dari toya arta Sejahtera.

Penutup

Pastikan memilih perusahaan kami. Toya Arta Sejahtera Sebagai Mitra Terbaik dalam pengadaan , pembangunan serta optimalisasi Instalasi Ipal medis rumah sakit. Segera konsultasikan kebutuhan Instalasi Ipal medis rumah sakit kepada kami. Hubungi kami via telephone, Email atau konsultasi via wa di call centre kami. Atau dapat juga mengundang kami survey ke lokasi proyek. Dengan Senang hati kami akan mempresentasikannya.

Demikianlah gambaran umum cara kerja instalasi ipal medis rumah sakit secara sederhana. Cairan yang dihasilkan dari proses pengolahan ini sudah aman dibuang ke saluran pembuangan atau sungai, sedangkan padatan (lumpur) yang dihasilkan biasanya diproses dengan cara dikeringkan.

Semoga dengan dipaparkan nya artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai Instalasi Ipal medis Rumah sakit. Jika Dirasa atikel ini dapat mendatangkan manfaat dan berguna untuk pembaca lainnya. mohon dapat dishare kepada rekan yang lainnya. Demi perkembangan ilmu pengetahuan kita bersama.

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA.

 

 

Unit IPAL Rumah Sakit Pentingnya untuk Keamanan dan Kesehatan

 

 

Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit Teknologi Tepat Guna

 

 

Jual Ipal Puskesmas Design Terbaru Kualitas Terbaik

 

 

Panel Tank Fiberglas Murah dan Berkualitas

 

 

Harga Jet Aerator Informasi produk Aerator Terbaik

 

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN INSTALASI IPAL MEDIS RUMAH SAKIT TERBAIK

Toya Arta Sejahtera

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *