ipal sederhana puskesmas

IPAL Sederhana Puskesmas Pelajari Teknik dan Cara Pembuatan nya

Puskesmas sebagai garda terdepan dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat. sudah seharusnya juga menjadi agen pelestarian lingkungan dengan menerapkan upaya pengendalian dampak lingkungan dan program program berbasis lingkungan. salah satunya dengan upaya pembuatan ipal puskesmas. Terutama untuk mengedukasi mesyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Usaha pelestarian lingkungan akan berdampak pada taraf kesehatan manusia yang hidup di tempat tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memasang sistem IPAL sederhana puskesmas guna mencegah pencemaran lingkungan.

 

ipal sederhana puskesmas

 

Mengapa IPAL Puskesmas atau Instalasi Pengolahan Air Limbah Puskesmas menjadi hal yang penting di puskesmas dan tempat lainnya. Alasannya adalah agar tidak terjadi pencemaran air dan tanah sebagai akibat buangan limbah yang mengandung senyawa beracun. Jika tanah, air dan lingkungan di tempat tersebut sudah tercemar maka kualitas pasti akan menurun dan bisa menjadi sumber penyakit.

Puskesmas memang tidak sebesar rumah sakit yang menampung banyak pasien dan menghasilkan banyak limbah cair medis. Meskipun demikian bukan berarti di puskesmas tidak dibutuhkan adanya sistem pembuangan air limbah medis secara tepat. Perlu dilakukan suatu cara dengan membangun Sistem Ipal sederhana puskesmas untuk menenggulangi pencemaran lingkungan. Sekecil apapun limbah cair medis yang dihasilkan oleh puskesmas tersebut jika dibiarkan dibuang begitu saja pasti suatu saat akan menjadi polutan.

Secara umum hanya dibutuhkan sebuah sistem IPAL sederhana puskesmas untuk meminimalisir pencemaran lingkungan. Bagaimana cara dan teknik pembuatannya bisa dilihat di bawah ini.

Teknik Pengolahan Air Limbah Ipal Sederhana Puskesmas

Kebutuhan Lahan untuk IPAL

Untuk membuat sebuah sistem mesin IPAL puskesmas atau unit pengolahan air limbah sederhana yang akan digunakan puskesmas harus diperhitungkan lahan yang dibutuhkan. Perhitungan berapa luas lahan yang dibutuhkan dimaksudkan agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam proses pembangunan. Jika hanya IPAL Puskesmas sederhana yang dibuat pada umumnya lahan yang dibutuhkan setidaknya memiliki ukuran 2×6 meter.

Pembuatan sistem IPAL sederhana puskesmas tersebut memang biayanya akan jauh lebih murah dibandingkan jika membuat yang permanen. Biaya memang menjadi alasan mengapa banyak puskesmas belum memiliki sistem IPAL. Untuk puskesmas yang tidak disertai layanan rawat inap sistem IPAL sederhana sudah cukup untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Proses Pengolahan Awal Limbah

Pengolahan limbah cair medis yang dihasilkan oleh puskesmas dimaksudkan agar zat atau senyawa beracun yang ada di dalamnya tidak ikut terserap tanah. Proses pertama dalam pengolahan limbah cair tersebut dimulai dari bak pertama yang berisi ijuk. Penambahan ijuk dalam ipal puskesmas yang diletakkan di dalam bak pembuangan pertama tersebut berfungsi untuk menyaring limbah cair medis yang dibuang tersebut.

Sebelum limbah masuk ke dalam bak pembuangan tersebut ada proses lainnya yaitu pemisahan air dan lemak. Setelah itu barulah limbah masuk ke dalam bak pembuangan berisi ijuk untuk dilakukan penyaringan atau filtrasi. Dalam sistem IPAL sederhana puskesmas biasanya menggunakan 2 bak pembuangan berisi ijuk. Tujuannya agar proses penyaringan limbah cair bisa maksimal hasilnya.

Proses Limbah dalam Bak Berisi Kaporit

Setelah mengalami proses filtrasi atau penyaringan dalam bak berisi ijuk. maka limbah cair akan dipompa atau dimasukkan dalam bak berisi kaporit dalam ipal puskesmas. Sebagaimana telah dikenal secara umum bahwa kaporit atau Ca(CIO)2 adalah senyawa yang bermanfaat sebagai desinfektan air. Kaporit berfungsi untuk membunuh bakteri dan juga kuman patogen yang ada di dalam air.

Dalam bak air berkaporit tersebut proses IPAL sederhana puskesmas akan memisahkan cairan dari bakteri dan kuman yang mengganggu kesehatan.

Proses Akhir Pengolahan Limbah Cair

Berikutnya limbah akan diproses dalam bak yang terakhir dimana di dalamnya berisi ikan kepala timah. Mengapa diletakkan ikan di dalam bak pembuangan limbah tersebut? Tujuannya adalah agar bisa dilihat apakah air yang dihasilkan dari proses pengolahan limbah sudah aman untuk dibuang. Jika ikan kepala timah masih hidup artinya proses IPAL sederhana puskesmas sudah berjalan lancar.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai produk ipal sederhana Puskesmas terbaik atau ipal puskesmas dengan model serta type lainnya. Hubungi perusahaan kami Toya Arta Sejahtera. Perusahaan Spesialisasi pembuatan Ipal Puskesmas yang telah teruji memasang dan mengoperasikan ipal di puluhan ipal puskesmas seluruh indonesia. Toya arta Sejahtera memberikan garansi proses untuk ipal puskesmas yang dikerjakan. Selain itu garansi alat selama 2 Tahun menjadi keunggulan produk kami.

Pastikan memilih perusahaan kami Toya Arta Sejahtera sebagai penyedia dan Pabrikan Ipal Puskesmas. hubungi Tecnical Suport dan marketing kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai pengadaan Ipal Puskesmas. Kossultasi Via Telephone atau email selalu kami layani atau anda juga dapat menghubungi kami untuk konsultasi via Sambungan Whats ap . Dengan Senan hati kami akan mempresentasikannya.

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

 

 

Ipal Puskesmas Rawat Inap Cara Pengolahan dengan Sistem Bioreactor

 

 

IPAL Rumah Sakit Terbaik sistem WWTP Garden Ramah Lingkungan

 

 

Alur IPAL Rumah Sakit? Ini Dia Tahapan Tepatnya

 

 

Pengelolaan IPAL Rumah Sakit yang Tepat Ketahui 4 Proses tahapannya

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL PUSKESMAS TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

 

 

 

2 komentar untuk “IPAL Sederhana Puskesmas Pelajari Teknik dan Cara Pembuatan nya”

  1. Pingback: Cara Membuat Ipal Sederhana Mudah Murah Hasil sesuai Baku Mutu

  2. Pingback: Ipal Domestik Perencanaan Design Limbah Komunal - Green Tecnology

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *