sistem pengolahan limbah rumah sakit

Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit Teknologi Tepat Guna

Definisi dan pengartian dari Sistem pengolahan Limbah Rumah Sakit. Rumah sakit merupakan salah satu sumber penghasil limbah yang bisa membahayakan kesehatan dan lingkungan. sehingga wajib dilakukan upaya atau tindakan untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran. Salah satunya Yaitu dengan membangun Ipal rumah sakit. Upaya membangun ipal rumah sakit harus dilakukan dengan serius. Demi menjaga Efek dampak lingkungan yang terjadi karena adanya pembuangan limbah cair secara sembarangan. Agar hasil pengolahan air limbah rumah sakit berjalan bagus serta aman untuk dibuang ke lingkungan. diperlukan Sistem pengolahan dengan teknologi tepat guna untuk mengolah limbah tersebut, khususnya limbah medis dari air buangan rumah sakit. Limbah ini mempunyai karakteristik infeksius. Dalam air limbah rumah sakit terkandung banyak sekali bakteri patogen yang bersifat merugikan. sehingga jika tidak terolah dengan baik dalam suatu sistem pengolahan limbah rumah sakit akan menimbulkan dampak sangat berbahaya bagi kesehatan.

 

 

sistem pengolahan limbah rumah sakit

 

Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit Teknologi Tepat Guna

Untuk menentukan jenis teknologi dalam proses Ipal rumah sakit. ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu karakteristik limbah dan standar kualitas air olahan yang dihasilkan. Karakteristik air limbah rumah sakit bersalin tentunya berbeda dengan jenis air limbah dari rumah sakit umum. Tentunya Sistem pengolahan yang diterapkan akan berbeda beda. Alat dan mesin yang dipergunakan dalam Sistem pengolahan limbah rumah sakit atau biasa disebut dengan ipal rumah sakit. Akan ditentukan dari Jenis air limbah yang dibuang dari sumber sumber buangan. Besar kecilnya design ipal rumah sakit juga ditentukan dari kapasitas limbah yang diolah. Semakin besar Kapasitas air limbah yang diolah makan Bangunan Pengolahan limbah rumah sakit juka akan menjadi lebih besar.

Limbah rumah sakit dapat diolah secara biologis maupun gabungan antara proses biologis dengan proses kimia-fisika. Berikut ini 6 jenis teknologi yang biasa digunakan dalam proses sistem pengolahan limbah rumah sakit. Secara garis besar semua teknologi terapan dari Sistem Pengolahan limbah rumah sakit ini mempunyai model dan type yang hampir sama. Cuma perbedaan nya ada pada pengembangan teknologi dari beberapa pabrikan Ipal Rumah sakit. Berikut kami paparkan 6 Teknologi yang umum dipergunakan dalam proses Ipal rumah sakit.

Teknologi Lumpur Aktif (Active Sludge)

Sistem pengolahan dengan teknologi lumpur aktif ini merupakan sistem pengolahan klasik. Kualitas nya sudah teruji di beberapa pengolahan air limbah khususnya sistem pengolahan limbah rumah sakit. Penggunaan Mikroorganisme yang menempel pada media lumpur aktuif menjadi keunggulan terbaik dari sistem pengolahan ini. Biasanya Sistem Ipal Rumah sakit Dengan Metode Lumpur aktif ini menggunakan peralatan yang terdiri dari:

  • Bak penyaring kasar, bak pemisah pasir, dan bak ekualisasi untuk melangsungkan proses penyaringan limbah.
  • Bak pengendap awal untuk mengendapkan padatan tersuspensi.
  • Bak aerasi tempat mikroorganisme pengurai limbah tumbuh dan membentuk biomassa yang disebut lumpur aktif.
  • Bak pengendap akhir untuk mengendapkan lumpur aktif dan dipompa kembali ke bak aerasi sehingga terjadi proses sirkulasi.
  • Bak klorinasi untuk membunuh mikroorganisme patogen pada hasil akhir limbah.

Teknologi Biofilter Up Flow

Teknologi Biofilter Up Flow ini biasanya menggunakan tangki fiberglas Berbentuk bulat. Konsep dasar dari pengolahan ini menggunakan sistem pengolahan limbah rumah sakit dengan biologi juga. Sistem aliran air di dalam tangki reactor menggunakan daya dorong gravitasi air yang mengalir secara normal. Biasanya sistem pengolahan limbah rumah sakit model ini dipasang di dalam permukaan tanah. Teknologi ini terdiri dari bak pengendap dan beberapa bak biofilter berisi kerikil, batu pecah. atau media lain sebagai media bakteri untuk tumbuh. Bak pengendap terdiri dari dua ruangan. Ruangan pertama untuk menguraikan dan menampung lumpur dan ruangan kedua untuk mengendapkan lumpur yang tidak mengendap di ruangan pertama. Air yang meluap dialirkan menuju media penyaring dengan arah aliran dari bawah ke atas (up flow). Pada permukaan media penyaring akan tumbuh lapisan film mikroorganisme pengurai limbah. Sebelum dibuang ke saluran atau sungai, dilakukan proses klorinasi.

Teknologi Kolam Oksidasi (Oxidation Pond)

Pada teknologi ini, limbah dialirkan ke sebuah kolam berbentuk lingkaran atau elips. Proses aliran air dilakukan secara berputar agar terjadi proses aerasi (kontak antara limbah dengan oksigen dari udara). Setelah itu. Sistem ini dikenal dengan nama oksidation Ditch. Penggunaan sistem ini jarang sekali ditemui untuk alikasi sistem pengolahan limbah rumah sakit. Sistem seprti ini lebih cocok untuk pengolahan air limbah dengan kapasitas besar. Biasanya untuk pengolahan WWTP Kawasan Industri. Hal ini disebabkan proses Ipal dengan model kolam oksidasi biasanya tidak memiliki kedalaman yang cukup. sehingga memerlukan lahan yang cukup luas. limbah dialirkan ke dalam tangki sedimentasi untuk mengendapkan benda padat. Proses sistem pengolahan limbah rumah sakit ini menghasilkan lumpur dan cairan yang jernih. Lumpur dikeringkan dengan teknologi sludge drying bed dan cairan dialirkan menuju bak klorinasi, lalu dibuang langsung menuju ke badan air penerima.

Teknologi Biofilter Anaerob-Aerob

Pada teknologi ini, limbah akan menjalani proses pengolahan di bak pengendap awal, biofilter anaerob (tanpa oksigen), biofilter aerob (dengan oksigen), bak pengendap akhir, dan bak klorinasi. Sistem Ini merupakan gabungan sistem dengan menggunakan Proses An Aerob. Yaitu sistem pengolahan limbah rumah sakit dengan menggunakan microorganisme yang hidup tanpa ada udara. Dan dilanjutkan dengan Sistem biologi aerobic. Yaitu sistem pengolahan limbah rumah sakit dengan memanfaatkan bakteri yang hidup dengan adanya udara.

Teknologi Kontak Aerasi

Dengan teknologi kontak aerasi, air limbah akan diuraikan oleh mikroorganisme anaerob dan aerob yang tersuspensi dalam limbah maupun yang menempel di permukaan media filter. Sistem Pengolahan limbah rumah sakit model seperti ini di unit ipal industri dinamakan dengan model Trickling filter. Air limbah akan dialirkan secara terus menerus dan diputar putar. Hal ini bertujuan untuk memperbanyak bersentuhan air limbah dengan bakteri yang menempel pada media. Semakin sering air limbah bersentuhan dengan bakteri yang menempel pada media. Maka Prosentase penguraian air limbah oleh bakteri pengurai akan semakin tinggi.

Prosesnya terdiri dari:
  • Pengolahan Primer: limbah dialirkan ke bar screen untuk menyaring sampah berukuran besar, lalu ke bak pengendap awal untuk mengendapkan lumpur, pasir, dan kotoran lain.

  • Pengolahan Sekunder: cairan dari bak pengendap awal dialirkan ke bak penenang, lalu ke bak kontak anaerob yang berisi media plastik, kerikil, atau batu dengan aliran up flow, kemudian ke bak aerasi berisi media plastik, batu apung, atau serat.

Sistem Bioreactor

Teknologi ini hanya membutuhkan proses yang sederhana,  Sistem pengolahan limbah dengan teknologi Bioreactor yaitu menggabungkan beberapa teknologi diatas. Serta me modifikasi sedikit agar lebih efisien dan berkualitas. Sistem Pengolahan limbah rumah sakit Bioreactor menggunakan Teknologi Proses Aerobic yang kemudian ditambahkan proses Water Treatment. Atau Sistem pengolahan air bersih sebagai polishing Water agar Air yang dihasilkan nantinya dapat dipergunakan kembali. Untuk kebutuhan non medis. Sistem bioreactor ini telah terbukti dapat mengolah limbah rumah sakit dengan baik dan lebih efisien Cara pengoperasiannya yang mudah. Biaya operasional nya yang murah. Serta Proses Maintenance yang mudah merupakan keunggulan dari Sistem pengolahan limbah rumah sakit model Bioreacto

  • Pompa Equalisasi

Pompa Ini berfungsi untuk mentransfer air limbah dari unit pengolahan awal menuju ke unit pengolahan utama. Kinerja pompa Equalisasi ini bekerja secara otomatis berdasarkan level control. Jika Air penih maka pompa akan beroperasi. dan jika air kosong maka pompa akan berhenti beroperasi.

  • Tangki Bioreactor

Tangki Ini sebagai Jantung proses Sistem pengolahan limbah rumah sakit. Konsep yang dipergunakan dalam tangki ini. Menggunakan sistem pengolahan dengan metode Biologi Aeraobic. Penggunaan Alat Alat berteknologi tinggi hasil Ciptaan anak negeri. Seperti Turbojet Aerator menambah efektifitas dari sistem pengolahan limbah bioreactor ini. turbo jet aerator berfungsi untuk memenuhi kebutuhan supali udara. Atau mesin suplai oksigen untuk ipal rumah sakit. Penggunaan Turbojet aerator membuat proses ipal rumah sakit tidak akan menimbulkan bunyi yang berisik. Karena alat ini di design untuk tidak menaimbulkan suara.

  • Water Polishing / Filtering sistem

Sistem ini berfungsi untuk menyempurnakan kualitas air hasil olahan tangki bioreactor. Air yang dihasilkan dari tangki Bioreactor akan dilakukan penyaringan dan penyerapan kandungan organik nya lagi. Setelah melalui unit ini air ini dapat di daur ulang kembali dan tentunya untuk kebutuhan non medis rumah sakit.

Tentang Toya Arta Pabrikan Ipal Rumah Sakit Terpercaya

Toya Arta Sejahtera Adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang. Spesialisasi pengolahan air limbah dan Pengolahan air bersih. Ipal Rumah sakit model Bioreactor Adalah keunggulan dari produk perusahaan kami. Toya Arta Sejahtera Sudah berpengalaman Memasang Ipal rumah sakit di seluruh indonesia. Semua Ipal Rumah sakit yang telah selesai kami kerjakan telah Berjalan dan beroperasi dengan tingkat keberhasilan 100%. Selain itu Sudah banyak Konsultan, Kontraktor maupun ditributor baik lokal maupun daerah. Yang menunjuk serta mempercayakan kami untuk menjadi fabrikator ipal rumah sakit untuk proyek yang mereka kerjakan.

Melakukan pengolahan limbah dalam suatu sistem pengolahan limbah rumah sakit merupakan kewajiban rumah sakit sebagai upaya preventif untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan dan lingkungan. Masing-masing rumah sakit dapat memilih teknologi sistem pengolahan limbah rumah sakit yang sesuai dengan kapasitas rumah sakit dan karakteristik limbahnya.

Penutup.

Pastikan memilih perusahaan kami. Toya Arta Sejahtera sebagai mitra terbaik untuk pengadaan, Perencanaan, Pembangunan maupun optimalisasi Ipal Rumah Sakit. Segera konsultasikan kebutuhan pengolahan Limbah Rumah sakit anda kepada kami. Segera hubungi Call Centre kami Via telep Kantor atau Call Centre 24 Jam kami. Atau anda juga dapat mengirimkan inquary melalui email perusahaan kami. Anda Dapat juga konsultasi via WA dengan tecnical suport dan marketing kami. Atau dapat juga mengundang kami untuk datang langsung survey ke lokasi project. Dengan Senang hati kami akan mempresentasikan semua produk perusahaan kami.

Demikian artikel pengenai Sistem ipal rumah sakit ini kami sajikan. Semoga dapat menjadi inspirasi dan menambah wawasan buat pembaca sekalian. Jika Dirasa artikel kami ini bermanfaat. mohon dapat di share kepada rekan rekan lainnya yang memerlukan. Demi kemajuan ilmu pengetahuan kita bersama.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA.

Jual Ipal Puskesmas Design Terbaru Kualitas Terbaik

Aerator Limbah Informasi jenis dan Type terbaik

Jual Turbojet Aerator Untuk IPAL dan WWTP

Harga Jet Aerator Informasi produk Aerator Terbaik

Panel Tank Fiberglas Murah dan Berkualitas

 

REKOMENDASI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK
TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

TELP : +62 21 83716924 klik disini

 

 

 

CALL contac CENTRE FAST RESPONSE : +62 812 180 34606 klik disini

 

 

 

CALL VIA WA : 081218034606 klik disini

 

 

 

EMAIL  : toyaartasejahtera@gmail.com klik disini

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *