pengadaan ipal puskesmas

Pengadaan IPAL Puskesmas Informasi Teknis Selengkapnya

Dengan adanya peraturan yang mewajibkan puskesmas untuk memiliki instalasi pengolahan limbah, pengadaan IPAL puskesmas menjadi sangat penting. Kepemilikan IPAL merupakan bagian dari fungsi dan tanggung jawab puskesmas untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian lingkungan. Pengadaan Ipal puskesmas merupakan suatu bentuk kepedulian lingkungan fasilitas kesehatan terhadap lingkungan. Baik lingkungan di Area Puskesmas maupun lingkungan sekitarnya. Ipal Puskesmas yang baik adalah ipal yang memiliki sistem pengolahan berkualitas serta efisien. Hasil pengolahan airnya telah memenuhi syarat standart baku mutu pemerintah. Berikut di bawah kami ulas mengenai pentingnya peran pembangunan ipal puskesmas demi meminimalisir pencemaran air di area puskesmas.

 

pengadaan ipal puskesmas

 

Mengapa Pengadaan IPAL Puskesmas Sangat Penting?

Puskesmas merupakan salah satu institusi yang dibentuk untuk menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Fungsi tersebut membuat puskesmas menjadi pusat kegiatan masyarakat yang setiap harinya dikunjungi banyak orang, baik petugas kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Dengan beragamnya tujuan masyarakat datang ke puskesmas, aktivitas yang terjadi juga menjadi sangat beragam. Aktivitas tersebut menghasilkan limbah padat maupun cair. Contoh limbah padat adalah sisa perban, bekas kemasan obat, jarum suntik bekas, dan lainnya. Limbah berbentuk cair yang dihasilkan puskesmas berupa sisa urine, limbah dari kamar mandi dan wastafel, sisa cairan obat, dan cairan lain.

Baik limbah padat maupun cair merupakan bahan yang berbahaya jika dibuang tanpa pengolahan unit ipal puskesmas. Untuk mengolah limbah cair, dibutuhkan instalasi khusus yang dikenal dengan nama instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. Pengadaan IPAL puskesmas memiliki nilai penting sebagai berikut.

  1. Bentuk Tanggung Jawab Puskesmas

Pemerintah telah mengeluarkan Permenkes No. 27/2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Dalam peraturan ini, tercantum risiko limbah pada fasilitas pelayanan kesehatan, termasuk puskesmas. Point Inilah yang menjadi dasar untuk pentingnya pengadaan ipal puskesmas.

Puskesmas merupakan tempat berkumpulnya orang sakit dan orang sehat sehingga bisa menjadi sumber penularan penyakit dan pencemaran lingkungan akibat limbah yang dihasilkan. Untuk itu, selain melakukan upaya 3R (reduce, reuse, dan recycle), diperlukan fasilitas pengolahan limbah secara khusus, salah satunya adalah IPAL Puskesmas. Hal Inilah yang merujuk untuk pengadaan ipal puskesmas.

Pengadaan IPAL puskesmas merupakan wujud tanggung jawab dalam mencegah dampak negatif dari aktivitas yang dilakukan di puskesmas. Dengan mengelola limbah secara benar dan sesuai standar, puskesmas dapat melindungi petugas kesehatan, pasien, pengunjung, dan masyarakat di sekitar puskesmas.

  1. Menghilangkan Bahan Pencemar

Salah satu tujuan utama pengolahan limbah puskesmas adalah untuk membuang bahan-bahan pencemar berbahaya, seperti limbah sitotoksik, infeksius, radioaktif, kimiawi, dan farmasi, secara aman. Zat-zat tersebut berasal dari sisa pelayanan medis kepada para pasien. Selain itu, IPAL juga penting untuk mengolah limbah nonmedis, misalnya limbah yang berasal dari kamar mandi. Semua limbah limbah yang dihasilkan tersebut harus dapat diolah menjadi satu dalam suatu proses pengolahan limbah medis Ipal Puskesmas. Dengan Program Pengadaan ipal puskesmas semua masalah pengolahan limbah cair puskesmas akan segera teratasi.

  1. Pengadaan Ipal Puskesmas Meningkatkan Kualitas Air Buangan

Mengolah limbah dengan menggunakan IPAL lebih efektif dan terukur hasilnya. Cairan yang keluar dari IPAL harus diperiksa secara berkala untuk mengetahui kandungannya. Kandungan bahan-bahan pencemar atau bahan berbahaya yang ada pada efluen harus sesuai dengan standar baku mutu yang telah ditetapkan pemerintah.

Jika ternyata kandungan bahan-bahan tersebut melebihi ambang batas yang diperbolehkan, itu artinya IPAL tidak berfungsi dengan baik. Pihak puskesmas harus segera melakukan evaluasi dan perbaikan yang diperlukan sehingga kualitas air buangan dapat ditingkatkan.

  1. Mendukung Kesehatan Lingkungan Masyarakat

Berikut uraian menfaat pengadaan ipal puskesmas lainnya. Masyarakat yang tinggal di sekitar puskesmas merupakan kelompok masyarakat yang rentan terhadap potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh limbah dari puskesmas. Terlebih lagi jika limbah dibuang ke badan sungai yang juga dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari.

Sungai banyak digunakan sebagai sumber air bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan air minum maupun MCK. Pencemaran air sungai oleh limbah puskesmas tentu akan menimbulkan dampak yang serius, seperti timbulnya penyakit, keracunan, dan lainnya.

Dari uraian di atas terlihat bahwa IPAL puskesmas memiliki arti yang sangat penting baik bagi puskesmas sendiri maupun bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Setiap puskesmas perlu merencanakan dan menganggarkan biaya untuk pengadaan IPAL puskesmas dengan baik agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

PENUTUP :

Jika Anda Sedang mencari Pabrikan atau Fabrikator Ipal Puskesmas atau anda mencari Jasa Pembuatan Ipal Puskesmas terbaik. Memilih Perusahaan Kami Toya Arta Sejahtera adalah pilihan yang tepat. Karena perusahaan kami telah terbukti dan teruji dalam beberapa proyek Pengadaan Ipal Puskesmas di seluruh Indonesia

Demikian artikel mengenai Pengadaan ipal puskesmas ini kami sajikan semoga dapat memberikan manfaat buat pembaca sekalian. Silahkan di share kepada rekan lainnya jika dirasa artikel kami ini mendatangkan manfaat.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA.

Harga Jual IPAL Puskesmas dan Cara Memilih Produk Terbaik

Jual IPAL Puskesmas Murah dan Berkualitas Informasinya Disini

Proses IPAL Puskesmas Mengenal Bagian dan Fungsinya

Sistem Alur IPAL Puskesmas dan Pedoman Untuk Operator Sanitasi

 

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL PUSKESMAS TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

2 komentar untuk “Pengadaan IPAL Puskesmas Informasi Teknis Selengkapnya”

  1. Pingback: Harga Ipal Puskesmas Penawaran produk Harga Murah

  2. Pingback: Limbah Cair puskesmas Cara Pengelolaan dan teknik pengolahan Tepat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *