perencanaan ipal rumah sakit

Perencanaan IPAL Rumah Sakit Ini Dia Tips yang Perlu Diketahui

Hal yang diperhatikan sebelum memulai perencanaan ipal rumah sakit. Sistem pengelolaan limbah pada setiap rumah sakit adalah suatu hal penting. Apalagi pengelolaan air limbah atau yang biasa disebut ipal rumah sakit. Hal ini karena air limbah rumah sakit memiliki potensi tingkat pencemaran yang tinggi. Kandungan zat-zat organik, logam berat, senyawa kimia berbahaya dan mikroba patogen disinyalir selalu ada pada limbah rumah sakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanganan yang tepat. Pengetahuan dari konsultan perencana haruslah memadai. Pemilihan konsultan perencanaan ipal rumah sakit harus berhati hati. Sebaiknya pilihlah designer ipal rumah sakit yang telah berpengalaman dan memiliki team engineer profesional. dan menguasai bidang pekerjaan nya masing masing. hal ini untuk meminimalisir kegagalan sistem yang ditimbulkan akibat kesalahan perhitungan design ipal rumah sakit. Berikut di bawah kami sajikan tips untuk memilih konsultan berpengalaman dalam pembangunan ipal rumah sakit.

 

 

perencanaan ipal rumah sakit

 

 

Pengolahan limbah dapat dilakukan secara alami atau dengan menggunakan sistem instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Namun, umumnya rumah sakit menggunakan IPAL sebagai sistem pengolahan air limbah mereka. Biasanya sebelum ipal rumah sakit dibangun project pemerintahan maupun swasta. Akan menunjuk perusahaan konsulyan maupun management kontruksi yang berperan dalam perencanaan ipal rumah sakit. Konsultan berperan sebagai perencana dan arsitek sedangkan MK bertugas sebagai pengawas dan pendamping kontraktor selama menjalankan pekerjaannya. Sebelum membangunnya, berikut tips perencanaan IPAL rumah sakit yang perlu untuk diketahui.

Tips Perencanaan IPAL Rumah Sakit

  1. Memperkirakan jumlah air limbah yang akan ditampung

Perkiraan jumlah air limbah yang akan ditampung digunakan untuk menentukan volume bak penampung limbah yang digunakan dan lahan tempat pemasangan bak tersebut. Untuk menentukan perkiraan jumlah air limbah ini harus diketahui terlebih dahulu tingkat kemewahan dari rumah sakit tersebut. Untuk rumah sakit yang dikatakan mewah, perkiraan penggunaan rata-rata air perhari yaitu 1.000 liter. Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan pertama kali dalam menyusun perencanaan ipal rumah sakit.

Rumah sakit yang dikatakan sedang tingkat kemewahannya, perkiraan penggunaan rata-rata air perhari yaitu sebesar 20.000-50.000 liter. Sedangkan untuk rumah sakit umum, perkiraan penggunaan rata-rata air perhari yaitu sebesar 50.000-100.000 liter per hari.

Jumlah ini dihitung berdasarkan setiap tempat tidur pasien. Untuk satu orang pasien dalam satu ruangan atau bed diperkirakan akan menghasilkan air limbah sebanyak 500 liter perhari, perhitungan ini didasarkan oleh pemakaian air pasien 50 liter perhari. staff atau pegawai 120 liter perhari dan keluarga pasen 160 liter. serta pemakaian ruang utility untuk masing masing bed adalah berkisar 170 liter per hari. Jadi, perkiraan air limbah yang dihasilkan tinggal dikalikan jumlah tempat tidur pasien dan staf atau pegawai yang bekerja. Asumsinya 80% air bersih akan menjadi air limbah. Dasar perhitungan inilah yang diperkirakan dalam perencanaan ipal rumah sakit untuk menentukan kapasitas air olahan.

  1. Sistem pengumpulan air limbah

Sumber air limbah dari rumah sakit terbagi menjadi beberapa pos, yaitu dari dapur, tempat laundry, limbah kamar mandi, limbah klinis dan laboratorium. Masing-masing air limbah dari sumber tersebut akan dilakukan pretreatment terlebih dahulu untuk menetralkan atau membuang beberapa cemaran sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam bak penampung. sebelum memulai perencanaan ipal rumah sakit. tentukan terlebih dahulu air limbah tersebut mana yang dapat dialirkan langsung ke unit pengolahan utama. dan mana saja air limbah yang harus dilakukan proses pengolahan terlebih dahulu. Karakteristik air limbah rumah sakit yang berbeda beda. Memerlukan perlakuan yang tidak mungkin sama antara limbah cair dari masing masing sumber air limbah sebelum masuk ke dalam unit ipal rumah sakit.

Seperti contoh nya dalam perencanaan ipal rumah sakit untuk air limbah dari laboratorium. Komponen pengotor yang berupa logam berat mengharuskan sebelum masuk ke pengolahan utama harus terkebih dahulu diolah dalam unit ipal laboratorium. Karena sistem biologi tidak akan pernah bisa mengolah limbah cair yang mengandung logam berat.

Tipe pengelolaan air limbah rumah sakit umumnya menggunakan sistem biologis. Oleh karena itu, perencanaan IPAL rumah sakit harus diatur secara tepat agar limbah dapat dikelola bersamaan pada bak penampung. Oleh karena itu, air limbah yang harus dinetralkan baik secara fisika maupun kimiawi harus masuk ke bak penampung lainnya sebelum dialirkan ke bak penampung air limbah yang diproses secara biologis.

  1. Menghitung desain volume IPAL dengan sistem bioreaktor

Untuk menghitung desain perencanaan IPAL rumah sakit, hal yang perlu diperhatikan adalah perencanaan kapasitas IPAL, desain bak pemisah lemak, desain bak ekualisasi air limbah utama, kapasitas pompa air limbah. kapasitas bak pengendap awal, kapasitas bioreaktor, jumlah kebutuhan oksigen, jumlah blower udara yang diperlukan pada sistem perencanaan IPAL, kapasitas bak pengendap akhir.

Selain itu, karena menggunakan sistem bioreaktor, artinya penguraian air limbah memanfaatkan mikroba pengurai air limbah. Oleh karena itu, media pertumbuhan mikroba juga harus masuk ke perencanaan IPAL rumah sakit. Kapasitas pompa air sirkulasi juga perlu untuk dilakukan perencanaan.

Untuk dapat membuang air limbah hasil pengolahan harus diketahui pula standar air yang layak dibuang ke badan sungai. atau perairan umum agar tidak merusak lingkungan dan membahayakan makhluk hidup.

Perencanaan IPAL rumah sakit pada setiap rumah sakit harus dilakukan secara tepat agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar air limbah yang dihasilkan sebagai akibat sisa kegiatan rumah sakit dapat dikelola secara baik sehingga tidak menjadi pencemar lingkungan.

Teknik dan Cara Menentukan perhitungan yang tepat.

Teknik kunci perhitungan ini hanya dikuasai oleh designer yang telah menguasai seluk beluk perhitungan ipal rumah sakit. Karena selain perhitungan berdasarkan rumus matematis. perhitungan berdasarkan pengalaman empiris juga menentukan keberhasilan perhitungannya. parameter parameter seperti waktu tinggal. Over flow Rate. Organoc Loading rate dan keseimbangan nutrisi tidak boleh di aabaikan. Karena dari dasar perhitungan inilah konversi penurunan COD dan BOD dalam air limbah akan dengan mudah diketahui. Sekali lagi kami sarankan. Pembangunan ipal rumah sakit bukan hanya sekedar memasang tangki dan mengalirkan air serta memberi asupan oksigen yang cukup saja. Akan tetapi diperlukan kemampuan khusus untuk seorang design sebelum meng ikrarkan dirinya atau perusahaan sebagai pakar ipal yang berpengalaman.

Penutup 

Pastikan memilih perusahaan kami Toya Arta Sejahtera Sebagai mitra kerja dalam perencanaan ipal rumah sakit. karena perusahaan kami telah berhasil mendesign dan membangun ipal rumah sakit yang tersebar di seluruh indonesia. perusahaan kami memiliki designer ipal yang berkualitas dengaan pengalaman membangun instalasi pengolahan air limbah rumah sakit diatas 20 Tahun. Selain itu Toya Arta Sejahtera juga diperkuat oleh tean design engineer serta mechanical electrical yang cukup tangguh. Dan team proses Comissioning yang telah teruji kapabilitasnya. Memilih toya Arta Sejahtera untuk menjadi Fabrikator ipal rumah sakit adalah sebuah pilihan yang tepat dan bijak.

Demikian artikel mengenai perencanaan ipal rumah sakit ini kami sajikan semoga dapat membentu para pembaca sekalian. Jika dirasa artikel kami mendatangkan input positif dan manfaat bagi pembaca lainnya silahkan dishare demi kemajuan ilmunpengetahuan bersama. Segera konsultasikan kebutuhan pengadaan dan pembelian ipal rumah sakit anda kepada kami. hubungi Tecnical suport dan marketing kami. Via telephone atau email atau dapat juga konsultasi melalui Whats Ap dengan fast response kami. atau anda juga dapat mengundang kami untuk survey ke lokasi proyek ipal rumah sakit yang akan dibangun. dengan senang hati kami akan mem presentasikan semua produk dan layanan perusahaan kami.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

 

 

Design IPAL Rumah Sakit dengan Metode Bioreactor

 

 

 

IPAL Rumah Sakit Biotek Yuk Ketahui Sistem dan Cara Pengolahannya

 

 

Teknologi Pengolahan Limbah Rumah Sakit Sistem Bioreactor

 

 

Sistem IPAL Rumah Sakit Tipe C Alasan Mengapa juga Perlu Diperhatikan

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *