ipal puskesmas rawat inap

Ipal Puskesmas Rawat Inap Cara Pengolahan dengan Sistem Bioreactor

Penjelasan awal ipal puskesmas rawat inap. Kebanyakan puskesmas yang ada di Indonesia masih belum memiliki sistem pembuangan limbah cair medis. Alasan utamanya memang masalah biaya pemasangan IPAL yang tidak murah. Selain itu juga saat pembangunan gedung pertama kali. Dahulu kebanyakan design ipal belum terlalu banyak dipikirkan. Atau jika sudah ada pun ipal puskesmas yang disediakan masih berbentuk tangki septic tank dari struktur beton. Hai inilah yang menjadi kendala saat ini. Sementara Ipal puskesmas rawat inap maupun puskesmas pembantu pembangnannya sudah diwajibkan. selain itu masih banyak yang berpendapat bahwa IPAL puskesmas rawat inap belum terlalu dibutuhkan karena limbah yang dihasilkan tidak banyak.

Padahal sekecil apapun limbah cair medis seperti infus dan sejenisnya akan menjadi potensi polutan jika tidak diolah secara tepat. Limbah cair medis puskesmas berpontensi mencemari lingkungan sekitarnya dan bisa mengganggu kesehatan. Jika hal seperti ini dibiarkan dan terjadi dalam jangka waktu lama bukan tidak mungkin lingkungan dan makhluk hidup di sana akan terganggu kualitas hidupnya. selain itu ipal puskesmas juga menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi dalam rangka akreditasi puskesmas.

ipal puskesmas rawat inap

 

Untuk keterangan Lebih jelasnya mengenai hal hal yang diperhatikan dalam pembangunan ipal puskesmas rawat inap. Termasuk sistem pengolahan. cara pengoperasian dan teknik perawatannya bisa dilihat dalam penjelasan di bawah ini.

Sistem Pengolahan Limbah Cair di Puskesmas / Ipal Puskesmas Rawat Inap

Peraturan Tentang Pengolahan Limbah Fasilitas Kesehatan

Sebenarnya masalah pengolahan limbah cair di puskesmas terutama yang memiliki fasilitas rawat inap bisa dilakukan dengan mudah. Lewat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 75/2014 fasilitas kesehatan seperti puskesmas harus memiliki pengelolaan limbah. Kemudian ditegaskan lagi dalam Permenkes nomor 37/ 2012 bahwa pengelolaan limbah harus dilakukan sesuai prosedur.

Berdasarkan dari kedua Permenkes tersebut sudah cukup banyak IPAL puskesmas rawat inap yang dibuat. Pada umumnya puskesmas menggunakan ipal puskesmas sistem bioreactor dalam pengolahan limbah cair medis tersebut. Alat bioreactor mempergunakan ipal puskesmas teknologi biofilter dalam proses pengolahan limbah cair medis.

Pengolahan Limbah Cair Medis di Puskesmas

Tahapan pengolahan limbah atau IPAL puskesmas rawat inap dengan bioreactor yang menggunakan mikroorganisme dalam proses penguraian polutan. Penggunaan mikroorganisme hidup untuk menguraikan limbah cair dirasa akan lebih aman bagi lingkungan. Ini tentu saja sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari pengolahan limbah cair medis puskesmas yaitu menghasilkan air buangan yang ramah lingkungan.

Hal yang perlu diketahui jika menggunakan IPAL puskesmas sistem Biorecator yaitu bahwa tingkat efektivitasnya dan efisiensinya bisa dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain :

  • Luas kontak yang terjadi antara mikroorganisme pada media filter pengurai tempat berkembang biak bakteri dengan air limbah yang diolah.
  • Kekasaran media yang digunakan. Semaiki keras media yang dipergunakan menunjukkan tingkat density nya secara otomatis juga membuat alat tersebut lebih berkualitas dan Awet
  • Waktu atau berapa lama air limbah berada di dalam bak IPAL bioreactor.

Sistem IPAL puskesmas rawat inap denganmetode bioreactor bisa digunakan untuk mengurangi Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD). Selain itu type bioreactor juga akan memisahkan limbah padat, deterjen, pospor dan amoniak. Dengan begitu air limbah cair medis yang akan dibuang bisa dipastikan aman jika diserap oleh tanah dan tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Tahap Pengolahan Limbah dengan Bioreactor

Dalam proses pengolahan limbah cair medis yang menggunakan alat bioreaktor atau teknologi biofilter ada beberapa tahapan yang dilalui. Tahapan pengolahan limbah cair dengan biofilter, yaitu :

  • Grease Trap atau pemisahan lemak

Dalam tahapan ini akan terjadi pemisahan lemak dari cairan limbah dengan cara menahannya. Proses ini dilakukan sebelum limbah masuk ke alat bioreaktor. Sistem ini dalam Ipal Puskesmas Rawat inap juga disebut dengan Pra Pengolahan Air limbah Atau Pre Treatment. Proses pengambilan minyak dan lemak akan dilakukan secara manual dalam waktu yang berkala. Minyaak dan lemak yang dihasilkan akan dipisahkan dan dicampur dengan limbah B3 yang terdapat di Bak Penampungan khusus Limbah B3.

  • Pengendapan awal

Selanjutnya cairan limbah akan diendapkan agar partikel berukuran kecil yang tidak mengendap bisa dialirkan ke dalam bak pengolahan berikutnya. Sistem ini disebut dengan metode Pra Sedimentasi. Kotoran kotoran halus ataupun kasar akan diendapkan menggunakan metode fisika atau pemisahan natural.

  • Biofilter anaerob

Di bak biofilter anaerob inilah terdapat mikroorganisme berupa bakteri yang tidak butuh oksigen untuk menguraikan cairan limbah dari polutan. Pada Tahapan ini dalam proses Ipal Puskesmas Rawat inap ada yang menyebut sistem an aerobic. akan tetapi ada lagi penyebutan nya sebagai sistem An oxid. Sebenarnya kedua hal penyebutan tersebut mempunyai makna yang hampir saja. Pada prinsipnya Baik An aerobic pada Instalasi Ipal Puskesmas ataupun An Oxid untuk Proses ipal puskesmas. tetap menggunakan Bakteri An Aerobic untuk menguraikan Air Limbah.

  • Biofilter aerob

Tahapan selanjutnya limbah akan diproses dalam bak biofilter aerob berisi bakteri yang membutuhkan asupan oksigen untuk hidup. Pada Ipal Puskesmas rawat inap sistem ini dilengkapi dengan mesin Aerator sebagai unit pensuplay udara. Model serta Aerator yang dipergunakan pun bermacam Macam. Ada yang menggunakan Turbojet aerator sebagai mesin Pensuplay Udara. ada Yang menggunakan Ring Blower atau Root Blower. Bahkan di tempat tempat tertentu dari hasil pengamatan survey ke project yang akan ditangani. Entah Harga nya biar murah atau sebab Lainnya Penggunaan Aerator Untuk Aquaarium ikan Pun masih digunakan juga Untuk Ipal Puskesmas Rawat Inap. Jika Di telaah dan dihitung secara teknis Penggunaan power aerator dan jumlah suplay udara yang dihasilkan. Serta Tingkat kebutuhan bakteri terhadap oksigen dapat dihitung dengan rumus matematika. Yang jelas pemilihan mesin dan design teknis ipal puskesmas secara aerob pasti sudah dihitung oleh designer yang hebat dari tiap tiap perusahaan.

  • Pengendapan akhir

Dalam tahapan ini limbah cair akan diendapkan dalam bentuk lumpur aktif. Lumpur yang mengendap dibawah akan dikembalikan sebagai Recycling Activated Sludge atau RAS Pump. Hal ini sangat penting untuk menjaga tingkat kestabilan jumlah mikroba di dalam sistem pengolahan air limbah puskesmas. Dengan menjaga banyaknya bakteri di dalam sistem pengolahan akan membuat air effluent lebih berkualitas.

  • Proses Klorinisasi dan Penyaringan

Terakhir adalah tahapan klorinisasi dan penyaringan limbah dengan menggunakan Kaporit sebagai bahan kimia untuk desinfectan. Proses ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang masih terbawa dalam aliran. sehingga air yang keluar nantinya akan terbebas dari kandungan mikroba terutama bakteri E Coli yang nilai kandungannya sudah ditetapkan ambang batasnya dalam peraturan pemerintah.

Itulah beberapa tahapan dalam sistem IPAL puskesmas rawat inap dengan biofilter. Semoga Artikel yang kami sajikan bermanfaat. Jika Tulisan kami ini dirasa mendatangkan input positif dan dapat menambah ilmu pengetahuan untuk pembaca lainnya silahkan di share kepada rekan yang lainnya.

Pastikan Memilih perusahaan Kami Toya Arta Sejahtera Sebagai penyedia Ipal Puskesmas Rawat Inap. Perusahaan kami telah berpengalaman dalam membangun dan meng operasional kan beberapa Ipal Puskesmas di seluruh wilayah indonesia. Memilih Toya Arta Sejahtera Sebagai partner untuk pengadaan Ipal Puskesmas merupakan sebuah pilihan yang bijak. Hubungi Marketing dan Tecnical suport kami Via Telephone atau email, Atau Konsultasi dapat melalui sambungan Whats Ap kepada Fast Response 24 Jam kami. Dapatkan Promo serta Harga yang menarik untuk produk Ipal Puskesmas Rawat Inap.

Undang kami untuk survey ke lokasi pekerjaan yang akan dibangun ipal puskesmas. Dengan Senang hati kami akan datang melayani dan mempresentasikan semua jasa dan Layanan produk dari Perusahaan kami.

 

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA

 

 

IPAL Rumah Sakit Terbaik sistem WWTP Garden Ramah Lingkungan

 

 

Alur IPAL Rumah Sakit? Ini Dia Tahapan Tepatnya

 

 

Pengelolaan IPAL Rumah Sakit yang Tepat Ketahui 4 Proses tahapannya

 

 

Fungsi IPAL Rumah Sakit dan Manfaat Pengolahan Limbah

 

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu

 

 

 

1 komentar untuk “Ipal Puskesmas Rawat Inap Cara Pengolahan dengan Sistem Bioreactor”

  1. Pingback: Air bersih secara fisik memiliki suhu tertentu suhu air bersih adalah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top