sistem pdam

Sistem PDAM Mengenal Pengolahan Air Bersih Untuk Masyarakat

Informasi awal mengenai pengolahan air bersih sistem PDAM. Air merupakan salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup. Salah satunya adalah manusia karena setiap orang membutuhkannya, terutama kebutuhan terhadap air bersih untuk minum dan masak. Sebagian besar masyarakat memenuhi kebutuhan air ini dengan mengandalkan sistem PDAM, sebagian yang lainnya menggunakan sumur baik sumur gali maupun sumur artesis. Sistem pengolahan air minum atau sistem pdam ini biasanya berupa proses pengolahan ipa baja atau menggunakan Tangki ipa fiber. Kedua bahan ini merupakan material yang umum dipergunakan dalam proses pengolahan air bersih PDAM. Sementara sebagian kecil lainnya masih menggunakan ipa beton. Khususnya untuk WTP yang dibangun sudah lama atau water treatment berkapasitas besar.

 

sistem pdam

 

Sumur gali dan sumur artesis umumnya merupakan air bersih yang diambil dari tanah. Sedangkan untuk memenuhi air PDAM umumnya belum memiliki standar baku mutu sehat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengolahan air bersih terlebih dahulu. Pengolahan yang dilakukan melalui sistem PDAM ini memiliki tiga tahapan, yaitu intake building, WTP dan reservoir.  Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut .

Pengelolan Air melalui Sistem PDAM

  1. Intake Building

Intake building pada pengelolaan air bersih pada sistem PDAM merupakan bangunan pertama dimana air pertama kali masuk dalam proses pengolahan air bersih pada sistem ini. Pada bangunan ini terdapat suatu screeen bar yang berfungsi sebagai penyaring / filter air unit Ipa Baja. Air yang masuk pada bangunan ini disaring agar benda-benda asing dapat tertinggal di luar sehingga hanya air saja yang ada pada proses berikutnya.

Air yang masuk pada intake building ini kemudian akan dipompa agar masuk ke bangunan berikutnya untuk dilakukan proses selanjutnya. Proses berikutnya ini yaitu water treatment plant dimana air yang tidak sesuai standar dan masih mengandung banyak cemaran akan diproses hingga menghasilkan air bersih. Pada tahap ini akan dilakukan beberapa tahapan proses.

  1. Water Treatment Plant

sistem PDAM atau biasa disebut dengan Water treatment plant (WTP) merupakan bangunan utama dan proses utama dalam pengolaan air bersih. Pada proses ini terdapat lima tahapan yaitu koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi dan desinfeksi. Pada proses koagulasi, air yang masih mengandung cemaran dilakukan destabilisasi untuk memisahkan pengotornya. Umumnya pada tahap ini dibantu dengan zat kimia berupa tawas dan pengadukan.

Tahap kedua yaitu flokulasi. Pada tahap ini air dikondisikan tenang dan diaduk dengan kecepatan lambat untuk memperbanyak pengendapan. Kemudian dilanjutkan pada proses sedimentasi dimana dilakukan pengendapan terdahap kotoran yang mulai terpisah dengan air. Berikutnya dilakukan tahap filtrasi. Air yang telah dipisahkan dengan kotorannya dilakukan penyaringan ulang agar benar-benar bersih.

Tahap terakhir pada bagian WTP di sistem PDAM ini yaitu desinfeksi. Air yang telah sampai pada tahap filtrasi belum tentu terbebas dari kuman bakteri. Oleh karena itu, pada tahap terakhir pengolahan air ini adalah proses desinfeksi. Pada proses ini umumnya menggunakan zat kimia berupa klorin untuk menghilangkan mikroba yang ada pada air. Setelah melewati proses ini kemudian air dialirkan ke reservoir.

  1. Reservoir sistem PDAM

Pada tahap ini, air akan dialirkan ke dalam bak atau bangunan penampungan sebelum air di distribusikan ke masyarakat. Bangunan umumnya diletakkan pada tempat yang lebih tinggi daripada sasaran. Hal ini untuk memudahkan air mengalir melalui pipa-pipa distribusi. Pada tahap ini air telah benar-benar bersih dan telah sesuai dengan standar baku mutu air sehat untuk konsumsi.

Air kemudian akan didistribusikan pada daerah sasaran dengan menggunakan berbagai macam pipa yang sesuai dengan kebutuhan. Instalasi pengolahan air pada sistem PDAM ini dipilih tempat yang lebih tinggi untuk mengurangi biaya operasional terkait pengadaan pompa. Air akan mengalir dengan mengikuti prinsip gravitasi melalui pipa-pipa yang dipasang hingga sampai ke rumah penduduk.

Demikian Artikel mengenai sistem PDAM ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat. untuk konsultasi pengadaan dan pembuatan pengolahan air bersih water treatment Sistem PDAM. Dapat menghubungi kami Toya Arta Sejahtera via telephone, email atau konsultasi Via Whats ap dengan call centre kami.

 

 

BACA ARTIKEL SISTEM PDAM KAMI LAINNYA

 

 

Pengadaan Sistem WTP

 

 

Pengadaan WTP

 

 

Pengadaan Paket IPA Baja Jangan Sampai Salah Memilih Fabrikator

 

 

PDAM Perbandingan Pengolahan Air bersih yang Baik dan Buruk

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN SISTEM PDAM TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *