prinsip pengolahan limbah

Prinsip pengolahan limbah

Semakin bertambahnya tahun jumlah sampah yang ada juga semakin mengalami peningkatan sehingga adapun prinsip-prinsip pengolahan limbah adalah bisa dengan cara kita mengenal 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Jika sampah tidak segera kita tanggulangi bukan tidak mungkin kelak permukaan bumi yang kita tinggali ini akan penuh dengan sampah. 

Mengolah sampah dengan 3R merupakan sebuah upaya yang akan dilakukan secara bertahap,

Yang mana akan diawali dari sebelum sampah mulai untuk diproduksi. Bukan merupakan upaya yang baru dilakukan ketika sampah sudah bermunculan. 

prinsip pengolahan limbah
prinsip pengolahan limbah

Prinsip Pengolahan Limbah Adalah Dengan Cara Reduce, Reuse dan Recycle

Adapun prinsip-prinsip pengolahan limbah adalah menggunakan 3R tersebut dan prinsip yang paling populer karena dapat diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat.

Hanya dengan cara kita mengurangi sampah, memakai kembali berbagai barang yang sudah tidak terpakai, mendaur ulang sampah yang bisa untuk di daur ulang, kita menjadi jauh lebih bisa untuk meningkatkan kualitas hidup dengan bisa berkurangnya membuang limbah sampah ke lingkungan. 

 Pengertian Reduce, Reuse dan Recycle

Agar kita nantinya lebih tahu penerapan prinsip pengolahan limbah sampah dengan cara 3R ini ke dalam kehidupan sehari-hari,

Yuk kita simak prinsip pengolahan limbah dan penjelasannya di bawah ini :

Reduce

Reduce (mengurangi) merupakan sebuah prinsip yang paling utama dan dasar dari pengelolaan sampah,

Yaitu bisa masuk ke dalam artian mengurangi sampah sedari awal.

Misalkan dapat kita asumsikan seperti, lebih baik kita menggunakan kantong belanja yang dapat untuk digunakan berkali-kali dibanding dengan memakai kantong plastik. 

hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam prinsip pengolahan limbah

Berdasarkan dari United States Environmental Protection Agency, jika kita menerapkan reduce dapat mencegah timbulnya polusi yang baru yang berasal dari pengurangan kebutuhan, mengurangi emisi gas efek rumah kaca, menghemat energi, kurangi sampah yang dapat didaur ulang dan bisa lebih memungkinkan berbagai produk dapat dipakai secara maksimal. Ini prinsip Utama Pengolahan Limbah

Jaga Lingkunga dan Sanitasi Kita dengan baik

Prinsip yang berasal dari reduce juga dapat memberikan dorongan terhadap manusia untuk lebih bisa paham akan kebutuhannya sendiri.

Jika dibandingkan kita harus membeli barang yang nantinya tidak bisa untuk digunakan dan pada akhirnya hanya akan menjadi sampah saja.

Prinsip prinsip pengolahan limbah dalam reduce lebih menekankan akan sikap konsumtif dari manusia dan secara otomatis bisa membuat seseorang dapat hidup lebih hemat. 

Reuse

Reuse (menggunakan) atau bisa juga proses pengolahan limbah untuk dapat digunakan kembali.

Prinsip pengolahan limbah supaya kita dapat mempertimbangkan terlebih dahulu barang sebelum kita memutuskan untuk dibuang dan juga memperkirakannya apa masih bisa untuk dapat dipakai kembali.

Misalkan saja kita bisa membuat pengolahan limbah plastik seperti botol bekas untuk digunakan sebagai wadah cairan pembersih atau wadah tanaman di rumah. 

Recycle

Recycle (daur ulang), adapun prinsip-prinsip pengolahan limbah adalah untuk dapat melakukan daur ulang sampah maupun barang bekas untuk dijadikan bahan baku utama agar bisa digunakan untuk membuat barang yang baru. 

Melakukan daur ulang ini bertujuan untuk dapat mengatasi jumlah limbah yang semakin hari semakin banyak.

Bukan hanya itu saja prinsip pengolahan limbah tetapi juga mempunyai sebuah tujuan untuk dapat kurangi sumber energi dan daya baru, sehingga nantinya dalam penggunaan sumber daya menjadi lebih efisien. 

Menggunakan barang yang bekas dibanding kita harus memakai bahan mentah untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk baru bisa lebih menghemat sumber energi dan sumber daya. 

Kita bisa mendaur ulang kertas bekas untuk dijadikan kertas yang baru, daur ulang plastik untuk dibuat seni, mendaur ulang kaca dan logam supaya dijadikan barang yang baru agar bisa digunakan kembali. 

Recycle ini bisa bermanfaat juga untuk melestarikan sumber daya alam, mengurangi jumlah limbah, polusi, sampah, hemat uang, hemat energi, dan dapat juga untuk ciptakan lapangan pekerjaan yang baru terutama dalam industri daur ulang. 

Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga yang Benar

Limbah rumah tangga berasal dari aktivitas dan kehidupan kita dalam sehari-hari,

Ketika banyak sampah yang menumpuk dan sembarangan kita membuangnya dapat menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Harus kita ingat bahwa kitalah yang mengakibatkan banyak timbulnya sampah rumah tangga tersebut. 

Jadi melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama-sama, dengan cara mengolah limbah sampah agar dapat bermanfaat kembali.

Berikut adalah prinsip pengolahan limbah dan beberapa langkah untuk mengolah limbah rumah tangga yang benar :

1. prinsip pengolahan limbah dengan Pilah sampah 

Bedakan sampah untuk bahan organik dan anorganik supaya tidak tercampur nantinya, siapkan juga wadah sampah kering yang bisa untuk di daur ulang kembali.

Pada tempat umum biasanya kita sudah banyak menemukan tempat sampah yang ditandai dengan warna berbeda.

Setiap warna pastinya akan mempunyai arti yang berbeda pula. 

2. Manfaat sampah organik

Setelah kita pisahkan, pastinya kita akan bisa untuk pengolahan limbah organik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Kita bisa membuatnya untuk dijadikan kompos tanaman, pakan untuk hewan ternak dll. 

Pemanfaatan prinsip pengolahan limbah dalam penanganan sampah organik merupakan tujuan utama dari upaya yang dilakukan

3. Olah sampah anorganik

Untuk sampah anorganik yang kering bisa menjadikannya sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan, misalkan menggunakan botol untuk dijadikan sebagai tempat alat tulis, pot tanaman, dan lain sebagainya.

dalam melaksakan prinsip pengolahan limbah Bisa juga kita kumpulkan dan menjualnya ke bank sampah. 

4. Ganti alas sampah

Banyak orang yang suka melapisi tempat sampah dengan plastik, tujuannya agar mempermudah ketika membuangnya.

Namun, tanpa mereka sadar justru hal tersebut bisa lebih membuat sampah plastik jauh menjadi lebih banyak, pada hal sampah plastik merupakan sampah yang paling susah untuk dapat terurai.

Solusi yang bisa digunakan adalah menganti alas tersebut menggunakan kardus atau koran. 

5. Meminimalisir penggunaan plastik

Berkaitan dengan cara pengolahan limbah rumah tangga kita harus lebih bijak dalam menggunakan plastik.

Lebih baik kita membawa sendiri kantong plastik pada saat akan berbelanja atau ketika makan di luar biasakan untuk membawa tumbler, alat makan sendiri untuk bisa membantu mengurangi limbah rumah tangga. 

6. Menyikapi sisa minyak

Pada saat kita memasak akan ada sisa minyak jelantah yang tidak akan dipakai kembali.

Jangan biasakan membuang sisa minyak tersebut ke dalam saluran pembuangan maupun wastafel.

Hak tersebut bisa menjadi dampak yang buruk karena dapat menyumbat pipa dan mencemari air di sekitar kita. 

Lebih baik kamu tempatkan ke dalam wadah yang khusus dan menyimpannya untuk disumbangkan kepada instansi dalam pengolahan minyak.

Sisa minyak dapat dimanfaatkan sebagai biodiesel yang menjadi bahan bakar non toksik dan bisa terurai dan dapat membantu menjalankan mesin pada mobil dan membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

7. Olah sampah berbahaya salah satu prinsip pengolahan limbah

Baterai dan tempat tinta merupakan salah satu sampah yang berbahaya.

Oleh sebab itu jangan membiasakan membuang sembarangan karena dapat mencemarkan lingkungan.

Solusi yang bisa untuk digunakan adalah memisahkannya.

Solusinya adalah kamu dapat memisahkannya dan menyerahkannya ke pusat daur ulang supaya bisa diolah dengan baik dan benar. 

Adapun prinsip pengolahan limbah adalah dengan menggunakan 3R yang mana bertujuan untuk membuat lingkungan yang kita tinggali bisa menjadi lebih bersih dan bisa menjadikan lingkungan tempat tinggal kita menjadi sehat dan nyaman. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *