contoh ipal rumah sakit

Contoh IPAL Rumah Sakit dengan Sistem Bioreactor

Pengolahan air limbah rumah sakit dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu contoh IPAL rumah sakit yaitu dengan menggunakan sistem bioreactor. Metode ini memanfaatkan Mikroba biologis sebagai pengurai zat-zat organik dan senyawa polutan yang telarut dalam air limbah sehingga diharapkan lebih ramah lingkungan dan biaya yang dikeluarkan dapat lebih rendah. Salah Satu contoh ipal rumah sakit terbaik yang diproduksi Toya Arta Sejahtera. Dengan Menggunakan Teknologi terkini dan Performa yang handal. Semua Limbah Cair Rumah sakit dari manapun sumbernya. Dapat Terolah dengan Baik. Ipal Rumah sakit ini sudah Lama Dirancang berdasarkan pengalaman dan riset serta Studi yang matang. Dapat menjadi Rujukan setiap orang dalam men design Ipal Rumah sakit Baru.

 

contoh ipal rumah sakit

 

Sistem bioreactor yang diterapkan umumnya menggunakan metode aerob. Artinya, mikroba yang digunakan hanya dapat hidup dan berkembang secara baik jika terdapat oksigen terlarut di dalam air limbah tersebut. Oleh karena itu, keberadaan aerasi atau blower amat diperlukan untuk proses ini. Sistem Suplai Udara yang digunakan menggunakan teknologi Turbojet Aerator. Dengan Menggunakan peralatan mesin Aerator type turbojet. Sistem pengolahan tidak akan menimbulkan bunyi yang berisik Sehingga tidak akan mengganggu lingkungan sekitar. Dan membuat orang yang berada di sekitar area ipal rumah sakit menjadi nyaman. Untuk memahami prosesnya secara jelas, berikut contoh IPAL rumah sakit dengan menggunakan sistem bioreactor.

Contoh IPAL Rumah Sakit Sistem Bioreactor

  • Pretreatment air limbah

Pengertian Pre Treatment adalah sistem pengolahan air limbah awalan. Atau Proses pengolahan air limbah sebelum dilakukan pengolahan utama. Air limbah yang akan dilakukan pengolahan sebelumnya dilakukan proses pretreatment terlebih dahulu. Limbah yang berasal dari tempat cuci pakaian, dapur dan laboratorium mikrobiologi dilakukan pretreatment ini. Air limbah dialirkan secara bersamaan menuju bak penampungan, namun sebelumnya terdapat filter yang digunakan untuk memisahkan limbah padat. Limbah padat akan tertinggal disaringan dan air akan mengalir ke bak penampungan awal. Proses ini disebut juga dengan Screen bar.

Ambil contoh model bak penampungan yaitu berbentuk silinder atau kotak yang memiliki kedalaman 3meter sampai 4 meter. dengan sisi sisinya ukuran ideal 2 meter. Bak penampungan ini berjumlah dua. Pada bak terdapat pompa celup yang digunakan untuk memompa air limbah untuk dialirkan ke dalam bioreactor. Pompa celup ini akan bekerja secara otomatis dengan indikator ketinggian air dengan menggunakan pelampung.

  • Proses penguraian secara biologis

Sistem yang digunakan yaitu dengan cara mengembang biakan mikroba yang menempel pada permukaan media. Air limbah yang berupa limbah cair ini akan dialirkan masuk ke dalam unit biorector dari bawah ke atas untuk dilakukan penguraian. Di dalam bioreactor ini juga dilengkapi pipa untuk mengalirkan oksigen. Penggunaan distribusi udara dapat juga dengan mesin surface Aerator. Fungsi dari proses ini yaitu untuk menjaga oksigen terlarut di dalam air dan distribusi oksigen merata. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kerja mikroba secara aerob agar dapat bekerja menguraikan organik secara maksimal. Penggunaan Peralatan Turbo jet surface aerator ini menjadi contoh ipal rumah sakit yang menggunakan teknologi ramah lingkungan karena tidak menimbulkan suara bising.

Lebih Lanjut Tentang Proses Biologi Aerobic Pada Contoh Ipal Rumah Sakit Sistem Bioreactor

Di dalam proses Biologi pada Ipal rumah sakit sistem Bioreactor ini. Proses yang dilakukan mikroba yaitu mereduksi zar-zat organik yang terkandung pada air limbah. penurunan kandungan BOD, COD, deterjen, senyawa amoniak dan berbagai zat polutan yang dapat diuraikan oleh mikroba aerob. Selain itu, juga dilengkapi proses penghilangan busa yang timbul pada air limbah sehingga bau limbah dapat berkurang. Pada proses akhir ini akan timbul lumpur yang akan terkumpul pada dasar bioreactor. Lumpur tersebut akan dikembalikan ke unit aerobic sebagai RAS atau Recycling activated Sludge. Fungsi utama dari unit ini yaitu menjaga keseimbangan jumlah mikroba aerobic di dalam sistem pengolahan utama. Jika Lumpur bakteri jumlahnya berlebih maka sebagian kecil akan dibuang ke dalam unit Sludge disposal dengan model Sludge Drying bed.

Lumpur yang ada pada bak sludge disposal harus dilakukan pengurasan setidaknya minimal 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar lumpur yang mengendap tidak menjadi pencemar dan mempengaruhi proses penguraian oleh mikroba. Jika Terlalu lama mengendap lumpur bisa berubah menjadi padatan seperti tanah serta memacu pertumbuhan bakteri An Aerobic. Proses ini dinamakan denitrifikasi dengan Hasil akhir adalah timbul Bau busuk yang menyengat. Proses ini harus ini harus dihindari untuk menjaga kenyamanan penghuni rumah sakit. Sistem pengelolaan lumpur seperti ini dapat menjadi contoh ipal rumah sakit yang memahami dan mengutamakan performa serta kualitas Ipal Rumah sakit.

  • Post treatment air limbah

Air limbah yang telah dilakukan penguraian secara biologis akan dialirkan ke bak post treatment. Pada proses akhir contoh IPAL rumah sakit ini air limbah akan dilakukan pemisahan dengan proses penyaringan dan penyerapan. Pada proses ini juga akan dilakukan pengurangan bau yang tersisa, penjernihan warna air limbah dan pemisahan padatan yang masih terlarut. Setelah selesai, air limbah akan dialirkan ke dalam bak indikator yang berisi ikan hidup. Proses ini dilakukan dengan menempatkan Tangki filter sebanyak dua unit. yang pertama adalah sand filter. Unit ini berfungsi untuk menyaring air hasil olahan sehingga terbebas dari padatan padatan besar dan kecil. Nilai Padatan ditentukan dalam pengukuran Total Suspended Solid / TSS. Parameter ini adalah salah satu yang harus dipenuhi dalam Pengujian Air Effluent Contoh ipal rumah sakit.

Sebagaimana kami terangkan sebelumnya. dalam beberapa contoh ipal rumah sakit yang telah selesai kami kerjakan projectnya. Siste, Post Treatment Akhir yaitu menggunakan Tangki Carbon Filter. tangki ini berfungsi untuk menyerap kandungan organik sisa yang masih terdapat dalam air buangan ipal rumah sakit. Setelah keluar dari unit Carbon filter ini diharapkan air yang keluar sudah bebas dari organik dan bersih serta dapat dilakukan proses daur ulang. Proses daur ulang ini dinamakan dengan Water Recycling unit. Penggunaan air daur ulang limbah ini untuk mencukupi kebutuhan air bersih non medis. Seperti siram tanaman. Cuci mobil dan Keperluan lainnya selain medis.

  • Indikator hasil akhir pengolahan Yang Bagus merupakan Contoh Ipal Rumah Sakit Terbaik

Tujuan pengaliran air limbah ke dalam bak indikator adalah untuk mengetahui tingkat keamanan dari hasil akhir pengolahan air limbah. Apabila ikan pada bak indikator tetap hidup artinya air limbah telah layak dibuang ke badan sungai atau perairan umum. Jika ikan pada bak indikator mati, maka perlu dilakukan perlakukan lanjutan hingga air limbah layak untuk dibuang. pada unit ini lah biasanya dilakukan sampling contoh ipal rumah sakit sebelum diperiksa di lanoratorium

Untuk dibuang ke badan sungai atau perairan umum, air limbah hasil pengolahan perlu dilakukan desinfeksi dengan menggunakan larutan klor. Hal ini dilakukan untuk membunuh sisa mikroba yang masih hidup pada air limbah sehingga air yang dibuang benar-benar aman untuk lingkungan.

Penutup

Demikian Artikel mengenai contoh ipal rumah sakit ini kami sajikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Jika dirasa artikel ini dapat berguna bagi pembaca lainnya, Silahkan di share demi kemajuan ilmu pengetahuan bersama.

Pastikan memilih perusahaan kami. Toya Arta Sejahtera Sebagai Mitra dan partner terbaik dalam pembangunan dan pengadaan ipal rumah sakit. Sudah Banyak contoh ipal rumah sakit yang telah selesai kami kerjakan. dan semuanya dapat berjalan dengan sempurna. Kami menjamin setiap project yang kami kerjakan akan ditangani oleh tim profesional kami yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam menangani ipal rumah sakit.

Segera Hubungi tecnical suport dan marketing kami di kolom bawah halaman ini via telephone atau email. Atau dapat juga konsultasi Fast response Call ataupun Whats Ap. Anda dapat juga mengundang kami untuk survey ke project yang akan dibangun. Dengan senang hati kami akan mempresentasikan seluruh produk layanan dan jasa Perusahan kami. Jangan lupa meminta brosur produk dan Contoh ipal rumah sakit yang telah selesai kami kerjakan.

BACA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

 

 

Sistem Pengolahan Limbah Rumah Sakit Teknologi Tepat Guna

 

 

Unit IPAL Rumah Sakit Pentingnya untuk Keamanan dan Kesehatan

 

 

Instalasi IPAL Medis Rumah Sakit Mengenal Cara Kerja nya

 

 

Tangki STP Fiber Bioreactor untuk Ipal dan WWTP

 

 

 

 

REFERENSI PABRIKAN IPAL RUMAH SAKIT TERBAIK

TOYA ARTA SEJAHTERA

 

 

 

WEBSITE : www.toyaartasejahtera.net

 

 

 

TELP :+62 21 83716924

 

 

 

EMAIL ;toyaartasejahtera@gmail.com

 

 

 

 

CALL CENTRE PHONE :+62 812 180 34606

 

 

 

KONSULTASI VIA WA : KLIK DISINI : 081218034606

 

 

 

 

Info Produk dan Layanan

Berikut kami Sampaikan Informasi - Produk layanan Toya Arta Sejahtera
Deskripsi
Pastikan Produk apa Saja Yang membuat Anda Tertarik
Konsultasikan kebutuhan produk yang anda inginkan kepada kami , klik disini untuk terhubung dengan call centre kami
Kami akan memaparkan Ringakasan Produk kami
Informasikan Untuk Keperluan apa produk ini akan digunakan
Jika diperlukan Undang kami untuk survey. Klik disini untuk mengatur jadwal Undangan Survey
Jika Berkenan Undang kami Untuk mempresentasikan Produk kami
Atur Jadwal Presentasi
Setelah itu kami akan mengirimkan penawaran terbaik beserta design yang akan digunakan sesuai kebutuhan customer

 

 

 

Tata Cara Pemesanan produk

Berikut Tata Cara Pemesanan Produk Kami, sebagai Acuan untuk mempermudah customer
Pastikan Produk Yang kami tawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jangan Lupa meminta Brosur kepada kami untuk Informasi Produk
Jika Ada yang belum jelas, Konsultasikan kembali kepada kami, Klik disini untuk konsultasi info produk dan tata cara pemesanan
Penerbitan PO kepada kami atau Penandatanganan Kontrak kesepakatan kerja sama
Kami akan menerbitkan Invoice Down Payment
Waktu Pekerjaan Dihitun Sejak down Payment diterima
Proses Fabrikasi Pekerjaan
Pengiriman barang
Instal, Testing & Comissioning
Training dan BAST
Penagihan dan pengajuan invoice pembayaran berdasarkan termin Pekerjaan atau sesuai kesepakatan kontrak / PO

 

 

 

Tips Memilih penyedia / kontraktor Waste Water / Water Treatment yang Tepat

Berikut kami sampaikan sedikit Tips Untuk menentukan Penyedia barang yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih Penyedia.
Pastikan Anda Telah mempelajari produk yang ditawarkan
Pastikan Produk yang akan dibeli Telah sesuai dengan Kebutuhan
Jangan Ragu Untuk berkonsultasi atau meminta Brosur produk yang diperlukan
Pastikan Perusahaan yang dipilih Benar benar telah berpengalaman dan berdedikasi tinggi
Jangan Ragu untuk mengundang Survey dan mem presentasikannya
Pastikan Perusahaan yang dipilih memiliki kriteria, Low Cost Low Maintenance Cost dan Low Operational Cost
Pastikan penyedia memiliki kriteria 3 P,
Paling Pinter ( mengausai Produk dan masalah ) semua produk pasti ada perhitungan matematis sesuai kaidah teknis
Paling bagus design rancangan dan alur sistemnya
Paling Murah harga nya
Sesuaikan waktu penyelesaian yang tepat mulai dari pemesana pengiriman pemasangan dan selesai project agar scheedule anda tidak terganggu
Konsultasikan segala permasalahan Air limbah dan air bersih anda bersama kami klik disini

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *